Breaking News:

Fenomena Dewa Kipas

GM Susanto Megaranto Bicara Dewa Kipas, Gotham Chess Hingga Satria Duta, Anak Ajaib Catur

Akhirnya GM Susanto Megaranto bersuara soal Dewa Kipas akun milik Dadang Subur, Gotham Chess hingga anak ajaib catur, Satria Duta.

(Tangkapan layar YouTube Deddy Corbuzier)
GM Susanto Megaranto memberikan analisis seputar duel WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas Dadang Subur yang disiarkan langsung akun YouTube Deddy Corbuzier pada Senin 22 Maret 2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setelah WGM Irene Sukandar, kini giliran GM Susanto Megaranto bersuara soal Dewa Kipas akun milik Dadang Subur, Gotham Chess hingga anak ajaib catur, Satria Duta.

Pecatur bergelar Grandmaster (GM), Susanto Megaranto, memberikan komentar soal anak ajaib bernama Satria Duta yang sempat mengalahkan Gotham Chess di situs Chess.com.

Dewa Kipas yang dikendalikan Dadang Subur bukanlah satu-satunya akun asal Indonesia yang pernah mengalahkan Gotham Chess di situs catur virtual Chess.com.

GothamChess alias Levy Rozman, dalam video Instagram Live bersama WGM Irene Sukandar beberapa waktu silam, malah lebih menaruh respek kepada dua pecatur Tanah Air yang sering dijumpainya di Chess.com, yakni GM Novendra Priasmoro dan Satria Duta.

Baca juga: Ali Akbar Dicurigai Setelah Dewa Kipas Kalah dari Irene Sukandar, Cuitan Putra Dadang Subur Disorot

Baca juga: BERLANGSUNG Link TV Online FP1 & Kualifikasi MotoGP Qatar 2021, Live Streaming UseeTV & Fox Sports 2

Baca juga: Susunan Pemain Borneo FC vs Persija Piala Menpora 2021 Live Indosiar, Marko Simic Main

Baca juga: Jadwal Liga Inggris Live Net TV, Arsenal vs Liverpool, Leicester vs Man City, Chelsea & Man United

Nama terakhir patut mendapatkan kredit lebih mengingat ia baru berusia 12 tahun dan pernah mengalahkan GothamChess Agustus 2020 silam dalam durasi 3 menit. Saat ini, Satria Duta baru duduk di bangku Sekolah Dasar (SD)!

“Saat berusia 12 tahun saya juga ketagihan dengan catur tapi tak sebagus dia. Dia bahkan mengalahkan Novendra. Dia telah memainkan 5.500 blitz game (mode catur cepat di Chess.com), sedangkan Novendra baru memainkan 2.300," kata GothamChess terpukau soal bakat Satria Duta.

"Bahkan, Satria Duta punya akun lain di Chess.com. Artinya, kurang lebih dia sudah memainkan sekitar 10 ribu blitz game. Itu gila!” ujarnya lagi. 

Itulah kenapa label anak ajaib kini sering dilekatkan kepada Satria Duta.

Talenta dan potensi besar Satria Duta juga mendapatkan pengakuan dari Grandmaster, Susanto Megaranto, pecatur nasional dengan peringkat FIDE tertinggi saat ini.

“Ya, saya rasa banyak sekali sekarang pecatur muda potensial selain Satria Duta, yang sama bagus seperti dia. Tinggal bagaimana mereka konsisten dalam bekerja keras menghadapi turnamen offline. Tapi, mereka semua bagus karena intens juga bermain di online,” kata GM Susanto Megaranto kepada KOMPAS.com.

Halaman
1234
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved