Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Grebek Penebangan Liar di Tala, Dishut Kalsel Temukan Kayu untuk Serbuk Pakan Ternak

Dinas Kehutan Kalsel menemukan aktivitas pembalakan liar di Hutan Lindung Kalsel di Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambangulang

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lagi, ditemukan di pembalakan liar hutan lindung di Kalsel diciduk Dinas Kehutanan Kalsel.

Menariknya aktifitas penebangan di wilayah hutan lindung wilayah KPH Tanahlaut di Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambangulang tersebut bukan untuk dijadikan kayu olahan misalnya balok dan papan melainkan dijadikan serbuk.

"Menurut penuturan supir truk yang akan mengangkut potongan batang pohon yang kita temukan, kayu tersebut nantinya dicacah menjadi serbuk bukan untuk kayu bahan bangunan," jelas Kasi Pengamanan Hutan Dishut Kalsel, Haris Setiawan Jumat (26/3/2021).

Kayu yang diamankan di lokasi ditemukannya penebangan liar jelas Haris adalah kayu rimba campuran yang kualitasnya agak rendah.

Diduga kayu-kayu tersebut tak diolah di lokasi penebangan namun di rumah produksi pelaku yang diduga di Tambangulang juga.

Serbuk kayu menurut pengakuan supir akan dijual ke peternak ayam.

Haris mengakui kayu hasil hutan lindung dijadikan serbuk untuk dijual ke peternak merupakan hal baru dalam tangkapan Dinas Kehutanan.

Biasanya kayu di dalam hutan lindung ditebang untuk dijadikan balok atau kayu olahan dan limbahnya dijual ke peternak.

Saat didatangi ke lokasi penebangan yang tak jauh dari Jalan A Yani yakni tiga kilometer ke dalam hutan Dishut Kalsel hanya menemukan satu unit truk beserta supirnya, beberapa potongan kayu, mesin chainsaw.  (Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved