Breaking News:

Berita Banjarmasin

Tutup 3 TPS di Jalan Veteran dan Jalan Pramuka, Pemko Banjarmasin Siapkan TPS Pengganti

Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin menyediakan TPS baru di bekas Pasar Buah Pangambangan tidak jauh dari TPS Veteran Ujung yang ditutup

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
TPS Veteran Ujung yang ditutup oleh Pemko Banjarmasin. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin resmi menutup tiga Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada di Jalan Veteran dan juga Jalan Pramuka.

Adapun tiga TPS yang ditutup tersebut adalah TPS Veteran Ujung, kemudian yang di Jalan Pramuka adalah TPS di samping Kompleks DPRD dan di depan Gang Rahayu.

Alasan ditutupnya tiga TPS tersebut, karena semakin meningkatnya volume sampah hingga TPS tak mampu lagi menampung.

Akibatnya sampah pun kerap meluber hingga ke jalan raya yang tentunya juga menganggu arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Baca juga: Sampah Meluber dan Mengganggu Arus Lalu Lintas, TPS di Tiga Lokasi di Banjarmasin Ditutup Permanen

Selain itu ditutupnya TPS ini juga untuk mensukseskan program normalisasi sungai yang sedang dijalankan oleh Pemko Banjarmasin.

Meskipun menutup secara permanen tiga TPS tersebut, namun Pemko Banjarmasin khususnya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyediakan TPS baru.

TPS baru yang disiapkan oleh Pemko Banjarmasin tersebut adalah bekas Pasar Buah Pangambangan yang beralamat di Jalan Veteran dan tidak jauh dari TPS Veteran Ujung.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Jelang Ujian Sekolah di Banjarmasin Berakhir Hari Ini

"Kita tidak sertamerta menutup TPS begitu saja, tapi sudah disiapkan satu TPS baru yang lokasinya masih ada di Jalan Veteran. Insya Allah bisa menampung jumlah sampah di TPS yang sudah ditutup," ujar Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah di DLH, Marzuki, Sabtu (27/3/2021).

Pria yang akrab disapa Om Jack ini menambahkan bahwa TPS yang baru dibangun untuk menampung tiga TPS yang sudah ditutup ini lebih representatif.

"Lokasinya sedikit lebih masuk ke dalam, sehingga tidak terlalu menganggu arus lalu lintas," katanya.

Masih terkait dengan hal ini, Om Jack menerangkan bahwa pihaknya pun sudah mulai melakukan sosialisasi.

"Kita sudah memasang spanduk pemberitahuan, kemudian ada juga petugas yang berjaga di lokasi TPS yang ditutup dan mengarahkan warga maupun paman-paman pengangkut sampah untuk membuang sampahnya ke TPS lainnya, termasuk TPS yang baru," pungkasnya.

(banjarmasinpot.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved