Breaking News:

Berita Banjarbaru

VIDEO Usai Panen Jagung, Lapas Kelas IIB Banjarbaru Ajak Warga Binaan Bercocok Tanam

Meski berada dalam tahanan, warga binaan Lapas Banjarbaru bisa menghasilkan uang dari hasil menanam jagung dan sayuran

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru memiliki cara menarik agar warga binaan pemasyarakatan (WBP) setempat memiliki waktu berharga dan produktif sambil menunggu masa hukumannya berakhir.

Selain dibekali ketrampilan seperti membuat kerajinan limbah bekas, las besi, lemari dan keripik warga binaan ini juga mengisi waktunya dengan bercocok tanam di areal sekitar Lapas IIB di Jalan Bangkal Cempaka Banjarbaru.

Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru Amico Balalembang mengatakan pihaknya memanfaatkan lahan tidur seluas kurang lebih satu hektar di dalam kawasan Lapas.

"Di mana tanamannya mulai dari terong, labu, kacang panjang, kangkung, ketela dan tanaman lainnya jenis sayur-sayuran," kata dia didampingi Kasi Binadik Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Septyawan Kuspriyo Sabtu pagi tadi.

Baca juga: VIDEO Siring Pulau Datu Hancur, Tepi Bangunan Mulai Retak dan Ambrol

Baca juga: VIDEO Menengok Kebun Buah Tin Hasil  Budidaya Nurmanto di Batola

Tidak hanya itu warga binaan pemasyarakatan Banjarbaru juga diajarkan memelihara ikan dan beternak.

Dari beberapa hasil kolaborasi warga binaan dan petugas Lapas Banjarbaru ini sudah berhasil beberapa kali panen. Seperti pada Sabtu pagi tadi panen jagung.

"Panen jagung ini Jagungnya untuk pakan kemudian setelah panen nanti ada pihak ketiga yang akan membeli hasilnya sehingga tidak perlu lagi untuk memasarkannya," tambah Amico.

Salah satu tujuan dari kegiatan bagi pemasyarakatan yaitu untuk pembinaan warga binaan sambil menunggu masa hukuman berakhir.

Selain itu untuk pendapatan atau pemasukan juga bagi WBP setempat agar walau berada di dalam mereka masih bisa produktif menghasilkan uang.

Selain jagung yang sudah panen, Lapas Kelas IIB Banjarbaru juga baru saja kembali menanam tanaman kacang, Lombok rawit dan lainnya.

Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved