Breaking News:

Berita Kalteng

Diduga Dalangi Pembalakan Liar, Dirut PT KAB Ditangkap Ditreskrimsus Polda Kalteng

Diduga terlibat pembalakan liar, Direktur Utama (Dirut) PT Katingan Alam Borneo (PT KAB) AK ditangkap Ditreskrimsus Polda Kalteng

Polda Kalteng untuk Bpost
Barang bukti kayu hasil praktek pembalakan liar diamankan Ditreskrimsus Polda Kalteng, Minggu (28/3/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KATINGAN - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menangkap Direktur Utama (Dirut) PT Katingan Alam Borneo (PT KAB) AK.

Pria berusia 54 tahun itu diduga terlibat dalam aktivitas  pembalakan liar di Desa Tumbang Pangka Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan.

Pelaku AK, tersebut hingga, Minggu (28/3/2021) masih menjalani proses hukum yang dilakukan oleh Ditrekrmsus Polda Kalteng.

Diduga pelaku dalam aksinya  melalui kelompok tani melalukan aksi pembalakan liar di kawasan hutan produksi dan hutan produksi konversi yang ada di Katingan.

Baca juga: Jaga Hutan Lindung dari Penebangan Liar, Warga Hantakan HST Dirikan Posko Meratus

Baca juga: Warga di Paramasan Kesal Jembatan Ambruk Dilalui Truk Bermuatan Penuh Kayu Hasil Penebangan Liar

Baca juga: Intensifkan Razia Penebangan Liar, Polhut Kalsel Amankan 29 Batang Kayu Ilegal Loging

Informasi terhimpun, menyebutkan,  dalam melakukan pembalakan liar tersebut, AK melakukannya melalui kelompok tani yang ada di kawasan tersebut.

Menggunakan sejumlah alat berat tersangka melakukan pembalakan liar dengan mambabat kayu hutan produksi tanpa izin.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti tindak pidana pembalakan liar yang diantaranya dua unit alat berat, tiga truk dan kayu log yang diduga adalah hasil pembalakan liar

. Saat ini, sejumlah barang bukti tersebut masih disita polisi ditempatkan di Mapolres Katingan untuk proses hukum.

Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, mengatakan, kasus diungkap Ditreskrimsus Polda Kalteng, berawal laporan Mabes Polri terkait tindak pidana illegal logging di Lokasi PT. KAB, sehingga ditindaklanjuti oleh Polda Kalteng

"Kami mengamankan tersangka AK (54) Dirut PT KAB, juga barang bukti  dua unit alat berat jenis excavator merk Komatsu PC 195 warna kuning dan bulldozer merk Caterpillar warna kuning.

"Kemudian juga ada tiga unit dumptruck, kayu olahan jenis campuran dengan jumlah 23 kubik dan kayu log sebanyak 3,16 kubik," ujarnya.

Dirreskrimsus Polda Kalteng, Kombes Pol Bonny Djianto, menambahkan, hasil penyidikan yang dilakukan pihaknya diperoleh informasi bahwa kegiatan illegal logging tersebut dikuasai Kelompok Tani Nuah Batu Nyapau.

"Aktivitas ilegal yang dilakukan AK sebagai Dirut PT. KAB berlangsung di kawasan hutan produksi dan hutan produksi konversi yang ada di Desa Tumbang Pangka Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan," ujarnya.

Baca juga: Kepala Adat Hantakan Sebut, Pembalakan Hutan di HST Dibekingi Oknum TNI/Polri, Ini Respon Kapolres

Baca juga: Kayu Tanpa Tuan Diduga Hasil Pembalakan Liar di Taman Nasional Sebangau Dimusnahkan

Menurut dia, jika dikalkulasikan pembalakan yang  dilakukan pelaku sejak awal hingga saat ini telah menghasilkan uang senilai Rp 20 miliar lebih.

"Pelaku AK akan dijerat dengan pasal 82 ayat (3) huruf B jo pasal 12 huruf B Undang - Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved