Breaking News:

Berita Banjarmasin

DLH Banjarmasin Tutup Permanen Tiga TPS, Dua TPS Segera Menyusul

Pemko Banjarmasin, Kalsel, tutup 1 TPS di Jalan Veteran, 2 TPS di Jalan Pramuka dan berikutnya di TPS Pasar Kuripan dan TPS Gudang Kulit.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) baru, di Jalan Veteran, eks Pasar Buah Pengambangan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (28/3/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak dua hari lalu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, resmi menutup tiga tempat pembuangan sampah (TPS) secara permanen.

Tiga TPS tersebut ada di Jalan Veteran samping pertigaan Jalan Pramuka, Jalan Pramuka samping Kompleks DPRD dan di depan Kompleks Rahayu.

Penutupan di TPS tersebut dilakukan dengan alasan untuk memperlancar kegiatan normalisasi sungai dan juga kelancaran lalu lintas.

Dengan ditutupnya tiga TPS tersebut, maka aktivitas pembuangan sampah di alihkan ke TPS baru.

Baca juga: Besok SMP di Banjarmasin Gelar Ujian Sekolah Tatap Muka, Inilah Mekanismenya

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran, ASN Pemko Banjarmasin Ini Pilih Tak Pulang ke Kaltim

Untuk TPS baru, berlokasi di Jalan Veteran, tepatnya eks lokasi Pasar Buah Pengambangan, Banjarmasin.

"Jadi, warga yang biasa membuang sampah di TPS yang sudah kami tutup, silahkan membuang sampah ke TPS yang baru. Membuangnya harus sesuai aturan, dari pukul 20.00 sampai 06.00 wita," kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah di DLH Kota Banjarmasin, Marzuki, Minggu (28/03/2021).

Selain tiga TPS tersebut, DLH Banjarmasin juga berencana menutup secara permanen dua TPS yang ada di Jalan Veteran, yaitu TPS Pasar Kuripan dan TPS Gudang Kulit kawasan Jalan Veteran juga.

"Sekarang tiga itu dulu, sambil kami lihat bagaimana aktivitas di TPS yang baru, apakah akan menumpuk atau lancar-lancar saja," jelasnya.

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Dinkes Banjarmasin Jadwalkan Vaksin di Pasar Lama dan Pasar Baru Permai

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Jelang Ujian Sekolah di Banjarmasin Berakhir Hari Ini

Agar sampah tidak lagi menumpuk di TPS Jalan Veteran dan TPS Gudang Kulit, DLH juga berencana menjalankan program tempat sampah surung sintak di TPS tersebut.

"Surung sintak menjadi salah satu alternatifnya. Memang saat ini masih ada aktivitas di sana, tapi lambat laun penutupan TPS pasti akan terjadi," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved