Breaking News:

Berita Kalteng

Lahan Tidur 1.000 Hektare Desa Ganepo Kabupaten Kotim Dimanfaatkan untuk Pertanian

Program Airud Menana Pare dari Polair Polda Kalteng melalui Bhabinkamtibmas Perairan dan kelompok tani garap 1.000 hektare lahan tidur jadi pertanian.

POLDA KALTENG UNTUK BPOST GROUP
Lahan kosong di Desa Ganepo, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, dimanfaatkan untuk pertanian padi. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Warga dan anggota Polairud Polda Kalimantan Tengah gotong royong memanfaatkan lahan kosong untuk lahan pertanian.

Kolaborasi tersebut di lahan yang ada di Desa Ganepo, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah.

Lahan Tidur yang dimanfaatkan, seluas 1.000 hektare, disambut baik oleh kalangan masyarakat.

Salah satu penggerak program pemanfaatan lahan tidur, Bhabinkamtibmas perairan Sungai Mentaya, Bripka Roy Saptika, mengajak warga untuk bekerja sama.

Baca juga: Petugas Satlantas Polres Kotim Menilang 7 Peseda Motor Berknalpot Brong

Baca juga: Petani di Sampit Kalteng Mengaku Terbantu Pemberian Modal dari Tengkulak

Dia melihat, banyaknya lahan yang tersedia, namun tidak dimanfaatkan. Padahal bila dimanfaatkan secara optimal, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar tidak berada digaris kemiskinan.

Sememntara itu, Ditpolairud Polda Kalteng juga memiliki tanggung jawab secara moril untuk memberdayakan perekonomian masyarakat mewujudkan ketahanan pangan bersama.

Diketahui, kesatuan yang bermarkas di Kabupaten Kotim ini mencanangkan untuk ikut membantu pemerintah,  terutama dalam hal pembimbingan dan edukasi kepada masyarakat untuk mencapai kondisi perekonomian yang sejahtera.

Dikatakan Bripka Roy Saptika, dirinya melihat peluang untuk mencapai kondisi demikian dengan mendorong Kelompok Tani Bina Swadaya Bersatu yang berada di Desa Ganepo untuk bekerjasama.

Baca juga: Kampung Tertib Lalulintas Polres Kotim Jadi Upaya Ajak Warga Tertib Berlalulintas

Kemudian, menggagas sekaligus membimbing mereka untuk memanfaatkan lahan tidur seluas 1.000 hektare  untuk dicetak menjadi sawah.

Halaman
12
Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved