Breaking News:

BBPP Binuang

Anggota Komisi IV DPR RI Dukung Petani Milenial

Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania, S.E mendukung cita-cita pemerintah menciptakan petani milenial sebanyak 2,5 juta di Indonesia.

BBPP Binuang
Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertanian Terpadu bagi petani dan penyuluh Wilayah Kabupaten Sintang 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania, S.E dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) kembali mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian RI meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pertanian melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertanian Terpadu bagi petani dan penyuluh Wilayah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Kegiatan yang digelar 27 Maret 2021 di Hotel Cika Kab Sintang ini merupakan apresiasi bagi penyuluh dan petani sebagai ujung tombak sektor pertanian.

Penyuluh dan Petani merupakan pahlawan sektor pertanian terlebih masa pandemic ini kontribusi sektor pertanian terhadap perekonomian nasional sangat positif.

Bimtek angkatan VII kali ini mengangkat tema ‘Pertanian Terpadu’.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertanian Terpadu bagi petani dan penyuluh Wilayah Kabupaten Sintang
Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertanian Terpadu bagi petani dan penyuluh Wilayah
Kabupaten Sintang (BBPP Binuang)

Tema ini dipilih mengingat perlunya edukasi dan bimtek buat petani dan penyuluh di Kab Sintang karena pertanian terpadu merupakan sistem yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam satu lahan.

Diharapkan dapat sebagai salah satu solusi alternatif bagi peningkatan produktivitas lahan, program pembangunan & konservasi lingkungan serta pengembangan desa secara terpadu.

Komisi IV DPR RI Yessy Melania, S.E dari Fraksi Nasdem ini bekerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian untuk melaksanakan bimbingan teknis bagi penyuluh dan petani Kab Sintang.

Dalam sambutannya Ibu Yessy Melania menyampaikan bahwa pelaksanaan bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani muda dan penyuluh pertanian di Kabupaten Sintang ini merupakan salah satu strategi program aksi guna mencapai cita-cita pemerintah dan bangsa untuk mendorong tercapainya petani milenial sebanyak 2,5 juta di Indonesia.

Lebih lanjut Ibu Yessy menambahkan, bahwa pelaksanaan bimtek kerjasama dengan Kementerian Pertanian ini sebagai wujud nyata dan bentuk komitmen kehadiran pemerintah dan wakil rakyat dalam peningkatan pertumbuhan dan penguatan kapasitas calon –calon petani milenial dan juga para penyuluh pertanian khususnya di Kabupaten Sintang.

Yessy Melania juga mengakui pentingnya Bimtek ini bagi petani dan penyuluh seraya mengapresiasi upaya tiada henti Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menggelar Bimtek, di bawah koordinasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan dukungan teknis Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang.

Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si dalam sambutannya turut menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian tidak pernah berhenti memberikan edukasi dan bimbingan kepada petani dan penyuluh.

"BPPSDMP selalu hadir mensupport petani dan penyuluh untuk meningkatkan kualitas SDM Pertanian kita,"katanya.

Bimtek kali ini memberikan manfaat dan memotivasi petani dan kaum milenial untuk bergelut di sektor pertanian, karena pertanian terbukti masih tetap tumbuh di tengah pandemik yang masih mewabah.

Pemahaman tentang Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUB) kiranya bisa memikat para petani muda milenial dan penyuluh untuk semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas bisnis usahatani mereka.

Adapun materi yang diberikan kepada peserta bimtek meliputi Materi ‘Integrated Farming System’ yang diisi oleh Rektor Universitas Kapuas Sintang, Bapak Dr. Antonius, S.Hut, MP. Materi ‘Pembuatan Pestisida Nabati’ oleh Widyaiswara Ibu Susmawati, SP, MP dan Ibu Intan Kurnianingrum, S.TP, MP dan materi ‘Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUB)’ dibawakan oleh Widyaiswara Bapak Tota Totor Naibaho, SP., MP. (aol)

Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved