Breaking News:

Berita Tabalong

VIDEO Inovasi Rutan Tanjung Kalsel Disosialisasikan ke Keluarga Warga Binaan

Pengunjung Rutan Kelas IIB Tanjung di Kabupaten Tabalong dapat sosialiasi tentang Si Yanti Bungas dan Si Komandan Jaga terkait besuk warga binaan.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG -  Layanan unggulan dibuat untuk menghadapi pandemi Covid-19 dan ini termasuk bagian inovasi dalam mewujudkan WBK/WBBM.

Sepert yang dilakukan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjung di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yaitu Si Yanti Bungas dan Si Komandan Jaga.

Agar layanan inovatif ini bisa berjalan optimal, Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung, Rommy Waskita Pambudi,  langsung menyosialisasikan kepada keluarga WBP yang tengah berkunjung ke Rutan Tanjung, Senin (29/3/2021).

"Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan persamaan persepsi terkait beberapa layanan dan prosedur yang ada di Rutan Tanjung," jelasnya.

Baca juga: Dukung Masyarakat dan ASN Menanam Pohon, KPH Tabalong Dirikan Posko Bibit

Baca juga: Rutan Tanjung Dapat Bantuan 7 Paket Senjata Bubuk Merica

Kepada masyarakat, Karutan menjelaskan, layanan Si Komandan Jaga merupakan layanan yang dapat langsung berkomunikasi secara online dengan warga binaan di masa pandemi Covid-19.

Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya dan lama durasi menggunakan layanan ini maksimal 10 menit.

Layanan ini untuk hadir karena masih banyak keluarga WBP yang tidak punya HP android atau tidak ada uang untuk membeli kuota.

"Maka, dihadirkan Si Komandan Jaga agar membantu masyarakat yang ingin sekedar sapa dan melihat WBP yang ada di dalam. Memang selama pandemi Covid-19 dilarang untuk melakukan kunjungan tatap muka," katanya.

Baca juga: Warga Amuntai Berusaha Bobol Rutan Tanjung dengan Barang Ini, Berakhir di Sel Polres Tabalong

Baca juga: Satlantas Polres Tabalong Sosialisasikan Mekanisme Tilang Elektronik

Sedangkan inovasi yang diberi nama Si Yanti Bungas, merupakan layanan untuk melakukan sterilisasi titipan dari keluarga agar menghindari penularan Covid-19.

Dimulai dari pengukuran suhu tubuh penitip, kemudian penyemprotan barang titipan dengan cairan antiseptik aman digunakan.

Selanjutnya, dilakukan penggantian kemasan yang dibawa penitip dengan kemasan yang telah disediakan.

“Ke depannya, kami berharap Rutan Tanjung menjadi rutan yang memberikan pelayanan terbaik, tulus dan ikhlas dalam melayani masyarakat," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved