Breaking News:

Berita Banjarmasin

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Targetkan PTM pada Juli 2021

Pembelajaran Tatap Muka dapat dilaksanakan pada Juli 2021, jika menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim para guru sudah divaksinasi

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
CAPTURE YOUTUBE KEMENDIKBUD
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, memaparkan kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19, Selasa (30/3/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim  memaparkan kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Pemaparan tersebut di sampaikan Nadiem secara langsung melalui chanel youtube Kemendikbud RI, dalam acara keputusan bersama empat menteri, tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Dijelaskan Menteri, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri, seyogianya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah dapat dilaksanakan pada Juli 2020 lalu, khusus untuk Zona Hijau dan Zona Kuning.

Sedangkan pada Januari 2021, semua daerah diperbolehkan menerapkan proses pembelajaran secara tatap muka, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Dimulai, Guru PAUD Hingga SD dan SLB Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Daerah di Kalsel yang Berzona Merah dan Oranye Tak Diperkenankan Gelar PTM

"Banyak sekali yang menanyakan kepada saya kapan sekolah buka. Sebenarnya pertanyaan tersebut harusnya ke pemerintah setempat, karena mulai Januari tahun ini semua daerah sudah boleh melaksanakan tatap muka ," katanya Nadiem secara virtual, Selasa (30/03/2021).

Berkaitan hal tersebut Kemendikbud RI mencatat, total hanya ada sebanyak 22 persen total satuan pendidikan yang melaksanakan PTM di Indonesia.

Rinciannnya, PTM di zona hijau sebanyak 41 persen, zona kuning 29 persen, zona oranye 13 persen, dan 6 persen untuk zona merah.

"Melihat data tersebut kami mengimbau kepada daerah-daerah, di mana anak-anak ada yang sangat sulit mendapat sinyal, sehingga kesulitan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh, dan ini adalah tanggung jawab pemda untuk memastikan pelaksanaan PTM," jelas Nadiem.

Baca juga: BREAKING NEWS: Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Mulai Juli 2021, Dilakukan Terbatas

Nadiem menambahkan, Indonesia adalah satu dari empat negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik yang belum melakukan PTM secara penuh, sementara 23 negara lainnya sudah.

"Sampai sekarang 85 persen negara di Asia Timur dan Pasifik telah melakukan PTM secara penuh, di antaranya Vietnam, RRT, Kamboja dan Laos," ucapnya.

Meninjau perkembangan PTM di Indonesia, Nadiem berupaya mendorong akselerasi Pembelajaran Tatap Muka, satu dari berbagai upaya tersebut yakni melalui vaksin untuk pendidik dan tenaga kependidikan.

Sehingga ditargetkan, vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan tersebu, selesai dilaksanakan pada akhir Juni 2021.

Baca juga: Sekolah di Tabalong Bisa Diizinkan Gelar Pembelajaran Tatap Muka Setelah Lolos Verifikasi

Baca juga: Jelang PTM, Ratusan Guru di Banjarmasin Disuntik Vaksin Covid-19

"Sehingga pada Juli 2021, semua jenjang pendidikan sudah bisa melakukan PTM secara penuh. Kepada semua Pemda agar bisa memprioritaskan pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan vaksin," terang Nadiem.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved