Breaking News:

Datu Kandang Haji Kabupaten Balangan

Wisata Kalsel, Datu Kandang Haji Merupakan Tokoh Besar Islam di Kabupaten Balangan

Makam Datu Kandang Haji menjadi tujuan wisata religi, terletak di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Makam Datu Kandang Haji, panjang 11 meter dan lebar 4 meter, terletak di Desa Teluk Bayur , Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Makam Datu Kandang Haji, Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menjadi satu makam yang didatangi ribuan jemaah pada saat haul.

Makam yang terletak kurang lebih 24 kilometer dari Kota Paringin ini memiliki dua juru kunci yang setiap harinya selalu ada di lokasi, yakni Rama  dan H Sani.

Makam tersebut masuk ke dalam kompleks yang ada di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalsel.

Makam Datu Kandang Haji juga merupakan satu makam panjang yang ada di Balangan, 11 meter, lebar 4 meter, dikelilingi oleh pagar besi. Selain itu, dua nisan juga telah ditancapkan sebagai penanda makam.

Baca juga: BNNK Balangan Kampanyekan War On Drugs, Lanjutkan Program BNN Kalsel

Baca juga: Tekan Kekerasan Terhadap Anak, DPPPA Kabupaten Balangan Bentuk PATBM

Di makam ini, setiap harinya, peziarah selalu ada yang datang. Pihak pengelola tempat ini, menyediakan kamar mandi, di bagian luar bangunan makam.

Dikatakan Rama, makam Datu Kandang Haji memang kerap dikunjungi peziarah. Bahkan meski di masa pandemi, ada saja yang datang. Tidak sedikit pula berasal dari daerah jauh.

Haul Datu Kandang Haji setiap tahunnya selalu diperingati pada Jumadil Awal, Sedangkan pemilihan hari dan tanggal, tidak selalu sesuai dengan tanggal wafatnya, yakni 6 Jumadi Awal.

"Beberapa tahun belakangan, kalau untuk acara haul, kami menunggu penentuan tanggal dari Guru Danau," ucap Rama.

Baca juga: Dinas Pertanian Balangan Prioritaskan Perbaikan JUT Baruh Ulin di Haur Batu Paringin

Area Makam Datu Kandang Haji bisa dikatakan cukup luas.Terdapat beberapa fasilitas, pendopo, tempat istirahat, toilet, musala dan sarana pendukung lainnya.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved