Breaking News:

Datu Kandang Haji Kabupaten Balangan

Wisata Kalsel, Peziarah Datangi Makam Datu Kandang Haji Kabupaten Balangan untuk Wujudkan Hajat

Hajat terkabul, warga dari Tanjung Kabupaten Tabalong ziarah ke Makam Datu Kandang Haji di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Makam Datu Kandang Haji, panjang 11 meter dan lebar 4 meter, terletak di Desa Teluk Bayur , Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Makam Datu Kandang Haji di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, jadi tujuan wisata religi.

Setiap hari, selalu dikunjungi peziarah. Ada pula yang datang untuk menunaikan hajat.

Juru Kunci Makam Datu Kandang Haji, H Sani, menerangkan, setiap hari ada saja yang datang untuk menunaikan hajat. Mereka membacakan surah Yasin di dekat makam, ada pula yang meletakkan bunga.

Meski di tengah pandemi Covid-19, rupanya tidak mengurungkan niat orang-orang untuk berziarah ke Makam Datu Kandang Haji.

Baca juga: Wisata Kalsel, Kerusakan pada Plafon Bangunan Makam Datu Kandang Haji Kabupaten Balangan

Baca juga: Wisata Kalsel, Benda Pusaka Peninggalan Datu Kandang Haji di Kabupaten Balangan

Murnah misalnya, perempuan yang datang bersama keluarga dari wilayah Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalsel.  Ia juga sering pergi ke makam tokoh besar islam di Kabupaten Balangan ini.

Ziarahnya Murnah kali ini sebagai bentuk hajatnya yang terpenuhi. Pasalnya, Murnah telah berniat apabila hajatnya dikabulkan, maka ia akan berkunjung ke makam.

"Alhamdulilah beberapa hajat saya dipenuhi. Dan saya sudah berniat untuk berkunjung ke makam, apabila hajat tersebut kabul," ucap Murnah.

Ziarah Murnah ke Makam Datu Kandang Haji merupakan bentuk keinginan pihak keluarga yang dikabulkan Tuhan.

Baca juga: Wisata Kalsel, Datu Kandang Haji Bangun Tiga Masjid di Kabupaten Balangan 

Baca juga: Wisata Kalsel, Datu Kandang Haji Merupakan Tokoh Besar Islam di Kabupaten Balangan

Bagi Murnah, tidak elok rasanya apabila niat tersebut tidak dikerjakan. Karena, sudah lama diniatkan untuk berkunjung ke makam.

Tak hanya ketika menunaikan hajat, Murnah juga sering berziarah ke Makam Datu Kandang Haji saat ke rumah keluarganya yang berada di Kecamatan Juai.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved