Breaking News:

Berita Kalteng

Dankorbrimob Polri Terkesan dengan Inovasi Mobil Komodo Pemburu Api Polda Kalteng

Mobil komodo pemburu api milik Polda Kalteng yang dirancang untuk pemadaman di lokasi lahan yang sulit membuat Dankorbrimob Polri terkesan

banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Dankor Brimob Polda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko saat memantau kesiapan mitigasi bencana Karhutla di Polda Kalteng 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus melakukan mitigasi atau meminimalisir terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan dengan menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya.

Berdasarkan pantauan, kondisi cuaca di Kalimantan Tengah masih turun hujan, diperkirakan masuk kemarau tetapi masih diselingi curah hujan intensitas sedang hingga tinggi.

Upaya tersebut menjadi perhatian, Komandan Korp Brimob (Dankorbrimob) Polri Irjen Pol Anang Revandoko yang melakukan asistensi dan supervisi ke Polda Kalteng terkait mitigasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut.

Baca juga: Sebanyak 16 Polsek Kalteng Tidak Diberikan Kewenangan Melakukan Penyidikan

Baca juga: Narkoba Kalteng, Satu Warga Baamang dan 15 Bungkus Sabu Diamankan Polres Kotim

Mantan Kapolda Kalteng tersebut memberikan apresiasinya terhadap upaya mitigasi yang dilakukan apalagi kesiapan tersebut juga dilakukan dengan inovasi yang diciptakan oleh jajaran Polda Kalteng dipimpin oleh Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Dankor Brimob datang ke Kalteng untuk memantau personelnya yang juga dilibatkan dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Dia melakukan pengecekan dan menyatakan Polda Kalteng telah mempersiapkan personel dan sarpras untuk penanganan Karhutla.

Anang terkesan dengan inovasi mobil komodo pemburu api yang mampu memasuki medan yang sulit sekali pun karena dirancang untuk pemadaman di lokasi lahan yang yang sulit, juga berfungsi sebagai pembuka jalan untuk pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Kalteng.

Baca juga: Launching Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Kalsel, BKKBN Wawancarai Keluarga Pj Sekdaprov Kalsel

Baca juga: Tala Mulai Siapkan Kartu Kendali LPG Melon, Penetapan Daftar Penerima Dimusyawarahkan Desa

Alat portable pemadam kebakaran yang bisa dipergunakan personel dengan cara dipanggul juga menjadi perhatiannya.

"Ini akan memberikan kemudahan bagi personel untuk memadamkan api secara cepat dan tepat, inovasinya sangat bagus," ujarnya.

Kesiapan ditunjukkan Polda Kalteng juga didukung oleh semua pihak, baik itu TNI maupun Forkopimda Kalteng yang turut mensupport upaya mitigasi bencana kebakaran lahan dan hutan.

Meskipun suhu udara panas Kalteng dalam awal tahun ini terbantu dengan adanya hujan yang turun sewaktu-waktu meski dengan curah sedang hingga tinggi.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved