Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Kabupaten Banjar Apel Siaga Hadapi Bencana Karthula dan Kabut Asap

Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana karhutla dan kabut asap dipimpin Wakil Bupati Banjar, Kapolres dan Dandim, di halaman Kantor BPBD di Martapura.

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Alpri Widianjono
DAUS UNTUK BPOST GROUP
Komandan Kodim 1006/Martapura, Letkol Inf Imam Muchtarom, dukung persiapan penanganan karhutla di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Apel kesiapan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kabut asap digelar jajaran Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Wakil Bupati H Said Idrus Alhabsyi, didampingi Dandim 1006/Martapura dan Kapolres Banjar, memimpin kegiatan tersebut yang berlangsung di halaman Kantor BPBD Kabupaten Banjar di Kota Martapura.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana karhutla dan kabut asap.

"Berkaca pada 2020, lahan yang terbakar sekitar 276,34 hektare. Untuk 2021, menghindari hal itu terjadi, kita harus mempersiapkan segalanya sejak awal," ujar Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Bantuan Benih Padi Petani Kabupaten Banjar Kalsel Cuma untuk Lahan 1.000 Hektare

Baca juga: VIDEO Bawaslu Kabupaten Banjar Imbau Pemilih PSU Pilgub Kalsel 2020 Cegah Politik Uang

Dalam upaya mengendalikan karhutla, Andri menyebut, ada beberapa prioritas yang di lakukan, yaitu mitigasi, pencegahan serta pengawasan sampai tingkat bawah. 

Dan untuk mencari solusi permanen tingkat bawah tersebut, penataan ekosistem lahan gambut harus terus dilanjutkan. Termasuk, langkah penegakan hukum yang dilakukan tanpa kompromi.

"Saya harap tugas ini tidak hanya Pemerintah, TNI dan Polri dan lainnya, namun masyarakat turut pula bertanggung jawab" ujarnya. 

Sementara itu Dandim 1006/Martapura Letkol Inf Imam Muchtarom memberikan apresiasi pada BPBD Kabupaten Banjar yang menggelar pengecekan pasukan serta sarana dan prasarana.

Baca juga: Miras di Kalsel, Penjual Ratusan Botol Alkohol Di Aluh-Aluh Banjar Tejaring Giat Pekat

Baca juga: Pungli Rumah Nelayan, Polres Banjarbaru Tetapkan Kades dan Sekdes Ini Jadi Tersangka

"Tentu, untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya bahaya kabut asap karhutla, kita harus bekerja sama untuk menghadapi," ucap Imam. 

Dalam hal ini, personel Kodim 1006/Martapura siap mendukung dan membantu pemerintah mencegahnya. 

Dalam apel pasukan bencana karhutla ini tidak hanya melibatkan TNI, Polri saja, tetapi juga melibatkan BPBD, Tagana serta sejumlah relawan dan instansi terkait. 

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved