Breaking News:

Berita Palangkaraya

Ratusan Pelajar di Palangkaraya Sudah Miliki KIA, Disdukcapil Gandeng Disdik Percepat Pendataan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangkaraya hingga, Kamis (1/4/2021) terus berupaya melakukan terobosan dalam memperbanyak anak untuk me

banjarmasinpost.co.id / faturahman
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangkaraya, H Afendie. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangkaraya, H Afendie. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangkaraya hingga, Kamis (1/4/2021) terus berupaya melakukan terobosan dalam memperbanyak anak untuk mendapatkan atau membuat kartu identitas anak (KIA) bekerjasama dengan dinas pendidikan setempat.

Kerjasama tersebut telah dijalin, sejak beberapa bulan ini dengan harapan tenaga pendidik bisa memberikan data anak didiknya kepada Disdukcapil Pemko Palangkaraya agar petugas Disdukcapil bisa melakukan Pencetakan KIA terhadap anak atau pelajar yang belum memiliki kartu identitas tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemko Palangkaraya, Afendie, mengatakan, KIA yang telah dicetak dalam program yang berkerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya sudah mencapai 498 kartu, berdasarkan data dari sekolah serta gugus tugas dan yang telah diserahkan sebanyak 259 kartu sedangkan 239 buah belum didistribusikan.

Afendie mengungkapkan, ada beberapa KIA yang tidak bisa dicetak disebabkan belum punya akta kelahiran, Kartu Keluarga diluar domisili dan sudah memiliki KIA.

Baca juga: Palangkaraya Masih Zona Merah, Wali Kota Gandeng Pengurus Masjid dan Musala Perketat Prokes

Baca juga: Kota Palangkaraya Satu-satunya Wilayah di Kalteng yang Zona Merah, Warga Banyak Abaikan Prokes

Baca juga: VIDEO Polda Kalteng Sita 31 Paket Sabu dari Kurir di Palangkaraya dan Kabupaten Kotim

Baca juga: Narkoba Kalteng, Kurir Sabu Palangkaraya dan Kotim Dibekuk, ini Barang Bukti yang Diamankan

"Kami menganjurkan yang belum punya akta kelahiran agar segera mengurusnya ke Disdukcapil sedangkan untuk yang KK diluar domisili agar mengurus KIA ditempat domisili serta untuk yang sudah memiliki KIA tidak dicetak ulang untuk menghindari duplikasi," ujarnya.

Sementara itu, dalam mempercepat pencetakan KIA tersebut, pihaknya, melakukan inovasi khususnya dalam pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak didik usia 0 tahun sampai dengan usia dibawah 17 tahun untuk TK/PAUD, SD dan SMP di Kota Palangkaraya. Inovasi tersebut dinamakan (MANAKAR ANTAH) Nampa Kartu Identitas Anak Itah.

Melalui inovasi MANAKAR ANTAH (Nampa Kartu Identitas Anak Itah) diharapkan jumlah anak didik yang wajib memiliki KIA dapat meningkat sehingga target semua anak memiliki KIA di Kota Palangkaraya bisa cepat terealisasi.

"KIA penting sebagai identitas diri dalam pemenuhan hak anak, mempermudah pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, imigrasi dan transportasi, perbankan bahkan akan ada diskon khusus bagi pemilik KIA di mitra yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palangkaraya," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved