Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Jony Pink Sulap Limbah Kayu Ulin Jadi Cobek Ciamik

Di tangan terampil Jony Setiawan, limbah kayu Ulin berubah menjadi produk elegan bernilai ekonomi tinggi. Ia memproduksi cobek dan peralatan dapur

BANJARMASINPOST.CO.ID - LIMBAH ulin biasanya tercampak sia-sia, jadi titian darurat atau sejenisnya. Tapi, di tangan terampil Jony Setiawan Ulin berubah menjadi produk elegan bernilai ekonomi tinggi.

Di antaranya cobek yang ciamik bermotif bunga dan lainnya. Juga ada spatula berbagai ukuran, ulekan, sendok, garpu, alu, lesung, balogo hingga gantungan kunci.

Penghasilan lelaki yang akrab disapa Jony Fink ini pun cukup lumayan dari kreativitasnya memanfaatkan limbah kayu ulin tersebut. Namun pandemi corona virus diseases (covid-19) turut menurunkan omsetnya.

"Alhamdulillah rata-rata sebulan dapat sekitar Rp 3 juta. Tapi memang sejak pandemi terdampak juga, paling Rp 1 juta sebulan," ucap Jony, Senin (1/4/2021).

Baca juga: VIDEO Revolusi Hijau di Kalsel, 10 Ribu Bibit Pohon Kayu Ulin Ditanam Serentak di Kalsel

Baca juga: VIDEO Melihat Sentra Pengolahan Kayu Ulin di Lianganggang Banjarbaru

Meski begitu dirinya tetap semangat dan terus bertekad mengembangkan kerajinan tangan berbahan limbah kayu ulin tersebut. Apalagi di Tala masih cukup banyak bahan baku seperti di wilayah Kecamatan Kintap dan Jorong.

Jony Fink tak sendiri menekuni kerajinan tangan tersebut. Tapi, bersama orangtuanya yakni Asrudin (51) dan Jumirah (50). Adiknya, Sayid Hasan (21) juga turut serta.

Usaha itu dijalankan di rumah sederhana mereka di RT 04 RW 02 Desa Kandanganlama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tak ada tempat khusus untuk pembuatan beragam jenis barang keperluan rumah tangga yang mereka produksi.

Cukup di samping rumah untuk proses awal pemotongan kayu, menggergaji, memahat, hingga menggerinda.

Selanjutnya proses finishing bisa dilakukan di dalam rumah. Usaha keluarga itu digeluti sejak 2016 lalu.

Halaman
123
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved