Breaking News:

Tambang Oranje Nassau

Wisata Kalsel : Oranje Nassau Disebut Tambang Batubara Tercanggih dan Ramah Lingkungan di Eranya

Tambang Oranje Nassau adalah kawasan pertambangan batubara di era kolonial Belanda, sekitar 18 abad silam. Dieranya, tambang ini tercanggih

banjamasinpost.co.id/Mukhtar wahid
Inilah penampakan tambang Oranje Nassau yang diduga alat mekanis untuk menarik lori atau kereta dari lubang tambang bawah tanah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tambang Oranje Nassau adalah kawasan pertambangan batubara di era kolonial Belanda, sekitar 18 abad silam.

Kala itu lahannya milik keluarga Kesultanan Banjar yang disewakan kepada perusahaan pertambangan kolonial Belanda.

Hasil pertambangan batu bara itu diangkut untuk kepentingan kapal dagang pengusaha Belanda. Belakangan hasil tambang emas hitam itu digunakan untuk kepentingan kapal perang.

Saat ini, situs itu hanya sebagian yang utuh batu batanya. Selebihnya, diduga dirusak dan dijarah oleh oknum masyarakat.

Baca juga: Benteng Oranje Nassau Kabupaten Banjar, Wisata Sejarah Tambang Batu Bara Pertama di Indonesia

Baca juga: Dongkrak Pamor Wisata Benteng Oranje Nassau, ini yang Dilakukan Disbudpar Banjar

Nurdi, anggota kelompok sadar wisata Tambang Oranje Nassau membenarkan batu bata di kawasan tambang Oranje Nassau hilang dijarah.

"Tapi peristiwa itu sebelum dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah. Itu cerita nenek moyang saya kalau bentuk tambang Oranje Nassau tinggi dan di sekitarnya terdapat bangunan," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Rencana Penetapan Zonasi Benteng Oranje Nassau Agar Jadi Daya Tarik Wisatawan

Cerita neneknya, batu bata tambang Oranje Nassau didatangkan dari Pulau Jawa dan Swiss. Dikenali karena ada tulisan mereknya buatan di batu bata tersebut.

"Batu batanya sangat kuat. Dilempar katanya tak pecah karena sangat kuat bahannya," katanya bercerita. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid).

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved