Breaking News:

Tambang Oranje Nassau

Wisata Kalsel, Penyebab Pengaron Kabupaten Banjar Jadi Lokasi Tambang Batu Bara Belanda

Kesultanan Banjar memberi lokasi tambang batu bara kepada Belanda, dampak dari hubungan dagang. Lokasinya kini di Kecamatan Pengaron Kabupten Banjar.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Inilah prasasti yang berada di titik zona sentra kawasan cagar budaya tambang Oranje Nassau di Dusun Bawah Jati, Desa Pengaron Seberang, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sebuah prasasti mencantumkan lokasi tambang emas hitam atau batu bara Oranje Nassau adalah karena berada di kawasan lahan milik kerabat Kesultanan Banjar.

Lokasinya, kini masuk wilayah Dusun Bawah Jati, Desa Pengaron Seberang, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kala itu, perusahaan kolonial Belanda menjalin hubungan dagang dengan kesultanan banjar. Kemudian, diberi  lahan untuk pertambangan batu bara di Pengaron tersebut.

Awalnya, Tambang Batu Bara itu diberikan karena perjanjian sewa lahan dan bagi hasil dari keuntungan penjualan batu bara.

Baca juga: Wisata Kalsel, Tambang Oranje Nassau Belanda di Pengaron Kabupaten Banjar

Belakangan, kolonial Belanda mengingkari perjanjian sewa dan bagi hasil dari keuntungan bisnis dari Oranje Nassau. 

Bahkan perusahaan Belanda tidak membayar pajak hasil eksploitasi sumber daya alam milik Kesultanan Banjar.

"Benteng sebenarnya berada di Kantor Polsek Pengaron. Sedangkan  tambang Oranje Nassau, jauh dari lokasi benteng pertempuran," kata Nurdi, anggota Pokdarwis Oranje Nassau. 

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved