Breaking News:

Tambang Oranje Nassau

Wisata Kalsel, Tambang Oranje Nassau Belanda di Pengaron Kabupaten Banjar

Tambang Oranye Nassau peninggalan Belanda letaknya di Dusun Bawah Jati, Desa Pengaron Seberang, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Situs Tambang Oranje Nassau adalah objek wisata sekaligus situs cagar budaya yang terletak di Dusun Bawah Jati, Desa Pengaron Seberang, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tambang Oranje Nassau adalah obyek wisata sekaligus ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Cagar Budaya yang dilindungi oleh Undang-Undang. 

Letaknya di Dusun Bawah Jati, Desa Pengaron Seberang, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Jika Anda dari Martapura, ibu kota Kabupaten Banjar menuju arah Hulu Sungai, sekitar 40 kilometer tiba di pertigaan Kecamatan Simpangempat.

Dari pertigaan Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Banjar, belok kanan arah Kecamatan Pengaron, sekitar 10 kilometer. 

Baca juga: Sukses Berbisnis Setelah Pulang dari LPKA Martapura, Yudi Diundang Berikan Motivasi untuk Andikpas

Baca juga: Tim Vaksinator RSUD Raza Martapura Gencar Sambangi Intansi Pelayanan Publik

Ada papan petunjuk arah yang dibangun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, serta papan petunjuk arah Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar

Aksesnya jalannya beraspal. Cuma saat ini jika Anda berpergian dari Kota Banjarmasin ataupun sekitarnya terpaksa antre di perbatasan Kecamatan Astambul-Kecamatan Mataraman. 

Antrean buka tutup jalur itu karena ada proyek perbaikan jembatan, dampak dari bencana banjir di Kabupaten Banjar pada pertengahan Januari 2021.

Namun bila Anda berkunjung dari arah Hulu Sungai, hambatan di Jalan raya tidak ada sama sekali. Kecuali jika akses jalan raya di Desa Sungairaya, Kecamatan Simpangempat, terendam luapan banjir sungai.

Baca juga: Tingkatkan Skill dan Profesionalitas Prajurit, Kodim Martapura Gelar Program Triwulan I Menembak

Baca juga: Bantuan Benih Padi Petani Kabupaten Banjar Kalsel Cuma untuk Lahan 1.000 Hektare

Tidak ada pungutan karcis masuk saat memasuki objek wisata tambang Oranje Nassau ini.

Makanya, di sekitar  belum dilengkapi fasilitas pendukung, yaitu warung, toilet, musala ataupun gazebo untuk sekedar istirahat.

Jangan khawatir, warga setempat baik hati dan ramah kepada para pengunjung tambang Oranje Nassau.

"Tak jauh dari lokasi obyek wisata banyak permukiman penduduk dan warung yang siap menyambut pengunjung," ujar Nurdi, anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tambang Oranje Nassau.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved