Breaking News:

Berita Batola

Melebihi Kouta Pendaftar, 167 Calon Kepala Desa Batola Ikuti Psikotes Hari Ini

Sebanyak 167 calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Barito Kuala ikuti tahapan psikotes di tiga tempat berbeda, Sabtu (03/04/2021).

Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri
Calon Kepala desa yang mengikuti psikotes di Kantor Camat Anjir Muara 

Editor: Edi Nugroho

BANAJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sebanyak 167 calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Barito Kuala ikuti tahapan psikotes di tiga tempat berbeda, Sabtu (03/04/2021).

Ratusan cakades tersebut berasal dari 11 kecamatan yang turut menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara evoting 2021. Langkan psikotes dilakukan untuk desa yang cakadesnya melebihi dari lima orang.

Diungkapkan Mochammad Aziz, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batola, untuk tes hari ini dilakukan di tiga tempat, yakni di Kantor Camat Anjir Muara sebanyak lima kecamatan terdiri dari 69 orang, di Aula Selidah tiga kecamatan terdiri dari 66 orang dan di Aula Mufakat sebanyak tiga kecamatan terdiri dari 32 orang.

"Kegiatan hari ini diadakan serempak di tiga tempat, meliputi psikotes dan Forum Group Discussion (FGD)," ucapnya.

Baca juga: Matangkan Persiapan Pilkades Evoting 2021, Pemkab Batola dan BPPT Tandatangani MoU

Baca juga: Persiapan Pilkades Serentak se- Kabupaten Banjar Terus Dimantapkan

Baca juga: Sempurnakan Regulasi Pilkades, Pansus DPRD Tala Menghimpun Aspirasi dari Bawah

Baca juga: Beberapa Desa di Kabupaten Tanbu Akan Melaksanakan E-Voting Pilkades

Adapun mengenai psikotes, disampaikan Azizah Fitria, dari konsultan independen, Lembaga Psikologi dan Terapi Global Banjarmasin, bahwa materinya meliputi tiga hal.

"Dari tiga hal yang kita ujikan pada psikotes ini yaitu kemampuan berpikir, sikap kerja dan kepribadian," terang Azizah.

Ditambahkannya, tiga komponen ini merupakan hal mendasar untuk mengetahui kemampuan berfikir, mengenai jiwa kepemimpinan, cara mengelola emosi, cara berkomunikasi dan kepercayaan diri.

Terkait diberlakukannya psikotes untuk desa yang menggelar pilkades dengan calon yang melebihi lima orang ini, Ahmad Gazali, cakades Patih Muhur Baru, Kecamatan Anjir Muara tidak mempermasalahkannya.

Ia menilai langkah ini sangat baik, mengingat persaingan yang cukup kompetitif untuk menjadi seorang kepala desa.

"Bagus saja, dengan adanya psikotes ini kita akan menemukan kades yang benar-benar sesuai kapasitasnya di masyarakat," Imbuh Gazali.

Ia pun menambahkan, tidak ada masalah yang cukup berarti ketika menjawab soal yang diujikan, hanya saja karena terbentur penglihatan yang kurang baik membuatnya lamban dalam menjawab sehingga kehabisan waktu.

Di sela berjalannya Psikotes, Basuki, ketua Komisi I bersama anggota DPRD Batola menyampaikan, bahwa melalui psikotes ini diupayakan benar-benar bisa menghadirkan pemimpin yang layak untuk
Memimpin masyarakat di desanya.

"Kita di sini sebagai pengawas berjalannya kegiatan tentunya berharap berjalan lancar dan berhasil menemukan orang-orang yang tepat menjadi calon kades," pungkasnya.
(Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Penulis: Muhammad Tabri
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved