Breaking News:

Berita Banjarmasin

Usai Tutup 3 TPS, Pemko Banjarmasin Rencanakan Tutup Tiga TPS Lagi

Sejak kurang lebih sepekan terakhir, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menutup tiga lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
TPS di Jalan Veteran Ujung yang sudah ditutup oleh DLH Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak kurang lebih sepekan terakhir, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menutup tiga lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Tiga lokasi TPS yang ditutup tersebut yakni di Jalan Veteran Ujung, kemudian dua di Jalan Pramuka yakni di samping Komplek DPRD Kalsel dan di depan Komplek Rahayu.

Alasan ditutupnya tiga TPS tersebut, karena dinilai sudah tidak terlalu representatif bahkan menganggu arus lalu lintas.

Terlebih diketahui juga volume sampah terus meningkat, hingga kerap sampah pun meluber hingga ke jalan.

Baca juga: Tutup 3 TPS di Jalan Veteran dan Jalan Pramuka, Pemko Banjarmasin Siapkan TPS Pengganti

Baca juga: Sampah Meluber dan Mengganggu Arus Lalu Lintas, TPS di Tiga Lokasi di Banjarmasin Ditutup Permanen

Baca juga: DLH Banjarmasin Tutup Permanen Tiga TPS, Dua TPS Segera Menyusul

Sebagai penggantinya, DLH Banjarmasin pun menyiapkan TPS baru yakni di Jalan Veteran tepatnya bekas Pasar Buah Pangambangan.

"Sementara sudah kita tutup tiga TPS yaitu di Jalan Veteran Ujung, dan dua di Jalan Pramuka yakni di samping Komplek DPRD Kalsel dan di depan Komplek Rahayu," ujar Kepala DLH Banjarmasin, Mukhyar.

Tidak hanya sekadar menutup tiga TPS yang sudah ada, Mukhyar pun mengisyaratkan tidak menutup kemungkinan juga akan menutup beberapa TPS lainnya.

Bahkan PLT Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pemko Banjarmasin ini membeberkan ada tiga TPS yang berikutnya ditarget untuk ditutup.

"Mungkin nanti akan kita tutup juga TPS di Jalan Veteran seperti TPS Kuripan dan juga TPS Gudang Kulit. Tak menutup kemungkinan juga TPS di Banua Anyar (Jalan Pangeran Hidayatullah, red) untuk ke depannya," jelasnya.

Mukhyar pun tak menampik jika dilihat dari lokasi, TPS berikutnya yang diincar akan ditutup tersebut cukup jauh jaraknya dengan TPS yang baru dibangun yaitu eks Pasar Buah Pangambangan.

Meskipun demikian, Mukhyar optimistis hal itu tidak akan menjadi kendala pemindahan nantinya.

"Memang agak jauh, tapi kita lihat orang yang membuang sampah-sampah dari warga ini menggunakan gerobak dan ditarik kendaraan sehingga tentu tidak masalah juga," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved