Breaking News:

Berita Batola

VIDEO Petani Anjir Muara Kabupaten Batola Dapat Insektisida Gratis

Brigade Perlindungan Tanaman Kalsel beri insektisida gratis ke petani yang padinya terserang tungro di Desa Anjir Muara Kota Tengah Kabupaten Batola.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHANPersawahan di Desa Anjir Muara Kota Tengah, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, terserang tungro. Sebagian daun padi mulai menguning.

Beruntung, melalui Gapoktan desa setempat, para petani dikunjungi penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kabupaten Batola.

Kedatangan para penyuluh ini untuk mastikan kondisi tanaman padi petani yang dilaporkan terserang hama.

Diungkapkan Ibnu Medio, Kasi Perlindungan Tanaman Pangan Distan TPH Kabupaten Batola, Sabtu (3/4/2021), memang benar adanya temuan tersebut setelah dilakukan uji coba.

Baca juga: Matangkan Persiapan Pilkades Evoting 2021, Pemkab Batola dan BPPT Tandatangani MoU

Baca juga: Demokrat AHY Siap Rangkul Kader Demokrat Kubu Moeldoko, Begini Respon Eks Ketua DPC Demokrat Batola

"Jadi tanaman yang berwarna kuning dipotong dan direndam dalam youdium tingtur beberapa menit, kami  temui daun berubah menghitam. Berarti tanaman tersebut positif terserang Virus tungro," ucap Ibnu.

Ia pun menambahkan, kunjungannya hari ini dibersamai Brigade Perlindungan Tanaman Provinsi Kalsel, yang berkantor di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Guna mengatasi permasalahan petani ini, mereka juga membawa insektisida yang dibagikan secara gratis.

"Hari ini kami bantu dengan menyerahkan 10 liter insektisida Lugen dan empat kilogram Star Pro untuk mengatasi 20 hektar padi yang terserang," beber Kasidal, petugas dari Brigade Perlindungan Tanaman Provinsi Kalsel.

Baca juga: 6 Peserta MTQN Tingkat Kalsel Asal Batola Positif Covid-19, Ketua Kafilah Tunggu Keputusan Panitia

Baca juga: Sisihkan Penghasilan, Satlantas Polres Batola Gelar Aksi Jumat Berkah

Terkait bantuan ini, M Nur, petani setempat yang menerima bantuan mengaku senang karena mendapat perhatian dari dinas terkait guna mengatasi serangan hama di sawah mereka.

"Alhamdulillah dapat bantuan dan penyuluhan dari PPL, semoga padi kami tumbuh baik dan bisa panin dengan maksimal," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Penulis: Muhammad Tabri
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved