Breaking News:

Berita Banjarbaru

Cegah Aksi Kekerasan Terjadi, MUI Banjarbaru Sampaikan Pesan Ini ke Masyarakat

Ketua MUI Banjarbaru meminta masyarakat di Kota Banjarbaru untuk mewaspadai hasutan dan bisikan aksi kekerasan yang mengatasnamakan ideologi dan agama

banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Ketua MUI Banjarbaru KH. Nur Syahid Ramli. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ketua Majelis ulama Indonesia (MUI) Banjarbaru KH. Nur Syahid Ramli ikut prihatin atas peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar dan aksi terduga teroris di Mabes Polri pada Rabu, 31 Maret 2021 lalu.

Iapun mengimbau masyarakat khususnya warga Banjarbaru untuk tetap tenang dan tidak bersikap reaktif dan memercayakan penyelesaian masalah ini kepada aparat yang berwenang.

"Saya meminta jika ada masyarakat yang memiliki bibit anti toleran jangan lagi diteruskan karena tidak ada dalil yang menyatakan seperti itu," tegas dia.

KH Nur Syahid mencontohkan sikap Rasullullah Saw saat bertoleransi dengan umat Nasrani, Yahudi dan Majesi tidak ada permusuhan.

Baca juga: Lukman Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar dari Generasi Milenial, Yatim Sejak Kecil

Baca juga: Pasca Bom Bunuh Diri di Makassar, Begini Kata Ketua FKUB dan Polres Tapin Kalsel

Di Banjarbaru, kata dia, banyak lulusan pesantren. Karena itu, harus mewaspadai hasutan dan bisikan aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan ideologi dan agama tertentu.

MUI Banjarbaru meminta masyarakat berperan aktif mengutamakan pemahaman agama yang berpegang pada metodologi penetapan hukum, dinamis, dan mengedepankan paham.

"Jangan ikut jalan salah dan dosa besar kepada Allah dengan ikut ikut paham itu. Pemerintah juga tidak membiarkan hal itu terjadi," kata dia.

Baca juga: 5 Bom Siap Pakai Disita dari Rumah Terduga Teroris di Condet dan Bekasi

KH Nur Syahid juga menekankan saat ini Banjarbaru sudah hidup tenang beribadah bisa dilakukan agama apapun. 

"Apalagi saya sudah bertemu dengan Wakil Wali Kota Banjarbaru tahun ini tarawih dan salat Idul Fitri bisa dilakukan namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," pungkas dia.
(Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved