Breaking News:

Bumi Selidah

Pemkab Batola Akan Kembangkan Wisata Desa Muara Kanoko Dan Pulau Curiak

Pemkab Batola gandeng yayasan Sahabat Bekantan Indonesia mengembangkan ekowisata Pulau Curiak dan Desa Muara Kanoko

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
Prokopimda Batola
Disporbudpar Batola beserta rombongan saat peninjauan lokasi ekowisata pulau Curiak dan Desa Wisata Muara Kanoko 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Kembangkan ekowisata pulau Curiak dan wisata Desa Muara Kanoko Pemerintah Kabupaten Barito Kuala gandeng yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), Sabtu (03/04/2021).

Berdasarkan arahan Bupati Hj. Noormiliyani AS, tim dari Pemerintah Kabupaten Barito Kuala yang terdiri dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala (Disporbudpar) Gusti Ruspandi, Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah, Kepala Bagian Prokopimda Hery Sasmita, dan Kepala Bagian Pemerintahan Daftiar Fajar melakukan peninjauan lokasi ekowisata pulau Curiak dan Desa Wisata Muara Kanoko.

Peninjauan ini dalam rangka persiapan pengembangan area wisata, baik itu wisata minat khusus yang sudah ada yaitu stasiun penelitian Bekantan di Pulau Curiak maupun yang baru saja dibangun yaitu taman buah lokal di Desa Wisata Kanoko.

Tim yang berangkat menggunakan speedboat dari dermaga penyeberangan Pulau Bakut disambut Ketua Yayasan SBI Amalia Rezeki bersama tim di stasiun penelitian Bekantan.

Disporbudpar Batola beserta rombongan saat peninjauan lokasi ekowisata pulau Curiak dan Desa Wisata Muara Kanoko
Disporbudpar Batola beserta rombongan saat peninjauan lokasi ekowisata pulau Curiak dan
Desa Wisata Muara Kanoko (Prokopimda Batola)

Sepanjang perjalanan khususnya di Pulau Curiak tim disuguhkan dengan kehidupan alam liar dan burung-burung endemik hutan mangrove yang terbang bebas.

Kepala Bagian Prokopimda Batola Hery Sasmita memaparkan Bupati Hj. Noormiliyani AS berharap keindahan alam dan ramainya hewan-hewan eksotis di kawasan Pulau Curiak ini menjadi potensi alam sekaligus potensi wisata Kabupaten Barito Kuala yang sayang jika tidak kembangkan.

“Bupati Hj. Noormiliyani AS telah lama konsen dengan kelestarian Bekantan, hal inilah yang membuat beliau yang juga merupakan pembina Yayasan SBI untuk mengembangkan wisata alam di Pulau Curiak dan Desa Wisata Muara Kanoko,” terang Hery Sasmita yang juga merupakan Ketua KNPI Kabupaten Barito Kuala ini.

Selanjutnya Ketua yayasan SBI Amalia Rezeki memaparkan wisata Bekantan di Pulau Curiak merupakan destinasi wisata yang “sexy” bagi wisatawan dengan minat khusus.

“Setiap tahun kita memiliki kuota wisatawan sebanyak 100 wisatawan dan kuota ini selalu terisi, terutama sebelum pandemi ini,” terang Amalia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved