Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pengamanan Hari Raya Paskah, Polda Kalsel dan Unsur Gabungan Gelar Razia

Petugas Polda Kalsel dan TNI kerahkan personel dan menggunakan pendeteksi metal untuk amankan ibadah Perayaan Paskah umat Nasrani di gereja-gereja.

HUMAS POLDA KALSEL UNTUK BPOST GROUP
Petugas dari Polda Kalimantan Selatan dan TNI melaksanakan razia gabungan, tekan risiko gangguan kamtibmas Hari Raya Paskah, Minggu (4/4/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hari Raya Paskah Tahun 2021 tak hanya menjadi agenda penting bagi Umat Kristiani, namun juga merupakan salah satu waktu krusial dalam kalender Kamtibmas Kepolisian. 

Demi memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kondusif selama perayaan Hari Raya Paskah, Minggu (4/4/2021), upaya pengamanan dilaksanakan Kepolisian bersama TNI dan stakeholder Kamtibmas lainnya. 

Tak hanya melaksanakan pengamanan di gereja-gereja, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) bersama unsur gabungan juga melaksanakan razia di wilayah hukumnya. 

Tersebar di sejumlah titik di Kalsel, dalam giat razia ini petugas gabungan memeriksa sejumlah kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang melintas. 

Baca juga: Insentif Nakes Tangani Covid-19 Belum Cair, Ini Kata Kadinkes Kalsel

Baca juga: VIDEO MTQ ke-33 Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tanbu Resmi Ditunda

Petugas tak hanya memeriksa kelengkapan identitas, tapi juga barang-barang bawaan pengemudi termasuk yang disimpan di bagasi kendaraan bermotor. 

Alat pendeteksi metal  juga digunakan, mengantisipasi bila ada benda-benda yang mecurigakan atau berisiko membahayakan. 

"Supaya tidak ada celah untuk berbuat aksi yang dapat meresahkan dan mengganggu situasi Kamtibmas,” kata Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto, melalui Kabid Humas, Kombes Mochamad Rifa’i, Minggu (4/4/2021).

Sedangkan di tempat-tepat ibadah, sterilisasi sudah dilaksanakan oleh Tim Gegana dan Jibom Polda Kalsel sebelum pelaksanaaan peribadatan oleh jemaat. 

Baca juga: BTalk, Begini Trik Ajari Anak Berpuasa Menurut Psikolog dari UMB Kalsel

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Dinkes Banjarmasin Berencana Mendatangkan Belasan Alat GeNose C19

Pengamanan juga terus dilaksanakan oleh personel Satbrimob dan Dit Samapta Polda Kalsel bersama TNI serta para pemuda gereja juga relawan. 

“Kehadiran kami bukan semata-mata sebagai tugas pokok, namun juga sebagai wujud hadirnya negara yang menjamin kebebasan setiap warga negara untuk memeluk agamanya dan menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya," ucap Kabid Humas. 

Dengan upaya pengamanan yang dilaksanakan maksimal tersebut, Kabid Humas mengimbau masyarakat khususnya Umat Kristiani agar tak khawatir apalagi takut dalam melaksanakan peribadatan dan perayaan Hari Raya Paskah

"Jangan sampai ada warga negara yang merasa takut melaksanakan ibadah agamanya dengan adanya ancaman-ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab utama para pelaku teror," tegas Kombes Pol Rifa’i.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Herliansyah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved