Breaking News:

Berita Tabalong

Setelah Disosialisasikan, Kartu Kendali Gas LPG 3 Kilogram di Tabalong Segera Diterapkan

Penggunaan kartu kendali untuk pemerataan dan menjamin ketersediaan gas LPG 3 kilogram akan segera dilakukan di Kabupaten Tabalong.

banjarmasinpost.co.id/donyusman
Kepala Disperindag Tabalong, Husin Ansari 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG- Penggunaan kartu kendali untuk pemerataan dan menjamin ketersediaan gas LPG 3 kilogram akan segera dilakukan di Kabupaten Tabalong.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabalong saat ini mulai melakukan sosialisasi teknis penggunaan kartu kendali.

Teknis penggunaan kartu kendali sudah memiliki regulasinya berupa Peraturan Bupati (Perbup) Tabalong No 20 tahun 2021, tentang petunjuk teknis penggunaan kartu kendali dalam pendistribusian gas LPG 3 kilogram bersubsidi.

Kepala Disperindag Tabalong, Husin Ansari menyampaikan, seiring dengan telah adanya perbup itu, maka kini langkah yang mereka lakukan dengan menggelar sosialisasi.

Baca juga: Disdag Tapin Kembali Gelar Operasi Pasar Gas Elpiji Tiga Kilogram di Kecamatan Bungur

Baca juga: Bekantan Jadi Tontonan Tamu Acara Hajatan Warga di Desa Serdangan Kabupaten Tanbu

Baca juga: Awasi Distribusi Gas Elpiji 3 Kg, Kapolsek Banjarmasin Utara Datangi Kelurahan Sungai Andai

Baca juga: Gas Elpiji 3 Kg Langka di Banjarmasin, Polisi Peringatkan Pedagang Nakal yang Lambungkan Harga

"Sosialisasi akan kita lakukan bulan April ini dan mudah-mudahan bulan Mei sudah bisa kita jalankan," katanya.

Sosialisasi akan dilakukan ke kecamatan-kecamatan dengan juga mengundang pihak pangkalan.

Dijelaskannya, dalam Perbup Tabalong No 20 tahun 2021 ini diatur secara teknis terkait tata cara mendapatkan kartu kendali, kriteria pengguna, bentuk kartu kendali, kewajiban pengguna kartu kendali, pengawasan, sanksi dan lainnya.

Dengan semua pengaturan tersebut maka diharapkan pemberian kartu kendali dapat mewujudkan pemerataan dan menjamin ketersediaan LPG 3 kilogram bersubsidi.

Kemudian dengan kartu kendali ini maka distribusi LPG 3 kilogram bersubsidi akan bisa menjadi tepat sasaran, tepat harga dan juga terjamin ketersediaannya.

Masih menurut Husin, kartu kendali berupa kartu pengenal yang diterbitkan berdasarkan kesepakatan bersama Pemkab Tabalong dengan Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan.

Kartu kendalinya ini diberikan kepada rumah tangga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial Kabupaten Tabalong.

Diberikan pula bagi usaha mikro pengguna LPG 3 kilogram yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Tabalong serta Disperindag Tabalong.

Rumah tangga pengguna kartu kendali hanya dapat menggunakan kartu untuk satu kali pembelian satu tabung gas LPG 3 kilogram bersubsidi maksimal empat kali dalam sebulan.

Sedangkan untuk usaha mikro sekali pembelian bisa dua tabung gas LPG 3 kilogram dengan maksimal empat kali pembelian dalam sebulan.
(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved