Breaking News:

Wabah Corona di Kalsel

Setelah Anggota Kafilah MTQ Positif Covid-19, Virus Serang Bagian Kesra Pemko Banjarbaru

Sejumlah anggota kafilah MTQ Banjarbaru dan pegawai Kesra Pemko Banjarbaru positif Covid-19. Desinfektan disemprotkan di Kantor Kesra dan Kemenag.

BANJARMASINPOST.CO.ID/KHAIRIL RAHIM
Zaini Syahranie, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Serangan Covid-19, setelah mengenai sejumlah anggota kafilah MTQ Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, menjalar ke staf dan Kepala Seksi Kantor Kesejahteraan Rakyat-nya.

Diketahui, jajaran Kesra Banjarbaru merupakan pihak yang ikut mengurus kafilah tersebut yang sedianya mengikuti MTQN ke-33 Provinsi Kalsel di Tanah Bumbu ( Kabupaten Tanbu ).

Diketahui, Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA didampingi Bupati Tanbu Zairullah Azhar menunda pelaksanaan MTQ  saat Sabtu (3/4/2021) dikarenakan seratusan anggota kafilah terdeteksi positif Covid-19.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarbaru, Fadillulahman, mengatakan, ada 7 orang yang positif terpapar.

Baca juga: MTQN ke-XXXIII Tingkat Kalsel di Tanbu Ditunda, 30 Kafilah Banjarbaru Pulang Kampung

"Jumlah yang positif seluruhnya ada 7 orang. Dan hari ini ada 3 orang yang izin dengan alasan kurang enak badan, batuk-batuk katanya," ujar Fadil, Senin (5/4/2021) sore.

Kemudian, Fadil dan staf lainnya, Lasminah, menyatakan negatif berdasar hasil swab.

"Hari ini saya tidak masuk. Dini hari tadi, sekitar pukul 00.30 Wita, kami bersama kafilah baru tiba di Kota Banjarbaru," imbuh dia.

Disinggung tentang Kantor Kesra di lockdown, Fadil mengaku, tidak ada perintah. Hanya, banyak yang tidak masuk dengan alasan sakit dan juga positif hasil swab PCR nya.

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Positif Covid-19, Sebanyak 64 Kafilah Asal Kota Banjarbaru Ikut MTQ Via Virtual

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Banjarbaru, Zaini Syahranie, mengatakan, berdasarkan hasil laporan sementara dari Dinas Kesehatan Banjarbaru ada 48 anggota kafilah MTQ yang hasil swab PCR positif.

"Namun jumlahnya bisa lebih karena yang berangkat ke Kabupaten Tanah Bumbu, dari 99 orang, hanya 30 saja yang berangkat," kata dia.

Setelah ada laporan terkonfirmasi dalam jumlah banyak, BPBD Banjarbaru langsung bergerak cepat dengan melakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi Kantor Kementerian Agama Banjarbaru.

"Di sanakan kemarin titik kumpul para kafilah. Lalu, Lapangan Murjani juga kami sterilisasi saat Jumat dan Sabtu kemarin," sebut dia.

Baca juga: VIDEO MTQ ke-33 Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tanbu Resmi Ditunda

Selain itu, bus yang mengangkut kafilah, juga disterilisasi pihaknya untuk memutus penyebaran Covid-19.

(Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved