Breaking News:

Kriminalitas Tapin

VIDEO Polsek Tapin Selatan Kalsel Gulung Pencuri Kabel Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Tiga pencuri 100 meter kabel milik PT Mega Nusa di area proyek pembangunan crusser batu bara PT Antang di Desa Tandui, ditangkap Polsek Tapin Selatan.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pencurian kabel bernilai ratusan juta rupiah dibongkar Polsek Tapin Selatan, Kalimantan Selatan.

Tiga tersangka dan barang bukti diperlihatkan dalam ekspose kasus ini yang dipimpin Kapolsek Tapin Selatan yang baru saja menjabat, Iptu Sunardi, Senin (5/4/2021).

Diketahui, pencurian itu terjadi di area proyek pembangunan crusser batu bara PT Antang, Desa Tandui,  Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel, Jumat (12/02/2021) sekitar pukul 17.14 Wita.

"Para tersangka pelaku atas nama IS (27), RU (40) dan R (40) mengambil dan memotong gulungan kabel yang terletak di areal proyek pembangunan crusser batu bara PT Antang dan mengangkutnya dengan menggunakan mobil," beber Kapolsek.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Satresnarkoba Polres Tapin Bekuk Tiga Tersangka Narkoba di Dua Tempat Berbeda

Baca juga: VIDEO Korupsi Kalsel, Satu ASN Dinas PUPR Tapin dan Kontraktor Tersandung Proyek Siring

Para tersangka pelaku mengangkut potongan kabel tersebut menggunakan mobil Daihatsu Feroza dan membawa ke gudang bengkel radiator dengan maksud untuk dijual.

"Jenis kabel yang dipotong untuk dijual, yakni kabel power 185x4 sepanjang 90 meter dan kabel power 70x4 sepanjang 10 meter," sebutnya.

Lalu, diketahui hilang dikarenakan pihak pemilik hendak memindahkan karena mengganggu jalan.

"Saat membuka terpal, ternyata kabel tersebut tersisa 10 meter. Melihat kejadian ini, pihak yang dirugikan  langsung melapor ke Polsek Tapin Selatan," jelasnya.

Baca juga: Narkoba Kalsel, 9 Kg Sabu Dibawa Kurir Asal Tapin Diduga Terkait Sindikat Malaysia

Baca juga: VIDEO : Ibu Rumah Tangga di Tapin Ini Ditangkap Polisi, Simpan 13 Paket Sabu

Atas kejadian tersebut, pihak korban PT Mega Nusa mengalami kerugian sebesar Rp 100 juta.

"Kabel yang akan dijual per meter Rp 1.000.000, sehingga totalnya diperkirakan Rp 100 juta," tegasnya.

Ia mengatakan, saat ini ketiga tersangka sudah diamankan di Polsek Tapin Selatan bersama barang untuk proses hukum selanjutnya.

Kabel bernilai ratusan juta rupiah yang dicuri tiga tersangka, terungkap oleh Polsek Tapin Selatan, Kalimantan Selatan, Senin (5/4/2021).
Kabel bernilai ratusan juta rupiah yang dicuri tiga tersangka, terungkap oleh Polsek Tapin Selatan, Kalimantan Selatan, Senin (5/4/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE)

"Barang bukti yang kita amankan, yakni satu unit mobil Daihatsu Feroza, dua karung karet pembungkus kabel power 185x4 dan kabel Power 70x4, empat karung potongan kabel power 185x4 dan kabel power 70x4 yang sudah terkupas dengan berat total 250 kilogram," jelasnya.

Kepada ketiga pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3 dan 4 KUHP dengan kurungan penjara 7 tahun maksimal.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved