Berita Batola

Dapatkan Perahu Gratis, Petani Batola Ini Senang Bisa Lancar Antar Bibit Ke Sawah

Petani Batola sumringah saat menerima bantuan perahu gratis dari DPRD Batola

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
istimewa
M Agung Purnomo bersama warga saat serah terima bantuan perahu kepada warga. Selasa (06/04/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Senyum sumringah tergambar di wajah Jainudin, warga Desa Pantai Hambawang, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, usai menerima bantuan sebuah perahu lengkap dengan mesin penggerak. Selasa (6/4/2021). 

Baginya perahu kecil ini sangat berarti untuk melancarkan  keperluan sehari-hari. Seperti pergi ke sawah atau berurusan ke kampung sebelah maupun keperluan lainnya. 

Maklum, daerah tempat ia tinggal banyak terdapat sungai dan paling efektif transportasi yang digunakan yaitu transportasi air berupa perahu. 

"Alhamdulilah, dengan adanya perahu ini lebih mudah untuk bepergian, terutama mengangkut bibit pada masa tanam sekarang," ucap warga yang bekerja sebagai petani ini. 

Baca juga: Delapan Sekolah Kedinasan Mulai Buka Pendaftaran, Siapkan Berkas dan Penuhi Syarat Berikut Ini

Baca juga: KPU Kantongi 2.000 Surat Suara untuk PSU Pilwali Banjarmasin 2020

Baca juga: Jelang PSU Pilwali Banjarmasin 2020, Tim Hukum Petahana Laporkan Paslon AnandaMu ke Bawaslu

Hal serupa juga dialami sejumlah warga lainnya, baik mereka yang mendapat bantuan perahu gratis maupun pengrajin dapat orderan perahu yang cukup banyak kali ini. 

Disampaikan M Agung Purnomo, perwakilan yang menyerahkan bantuan kepada warga, ada sebanyak 25 unit perahu yang diserahkan hari ini. 

"Dari 25 perahu yang diserahkan, 19 unit untuk warga di Kecamatan Mandastana, lima unit di Jejangkit dan 1 unit di Semangat dalam, Kecamatan Alalak," ucapnya. 

Lebih jelas ia mengatakan, penyerahan perahu ini terealisasi setelah adanya ide dari beberapa donatur untuk memberikan bantuan yang bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat di Batola. 

Kebetulan, Batola sendiri merupakan daerah pemasok perahu yang handal. Puluhan unit perahu tersebut dipesan di sentra pembuatan perahu, yakni Desa Pulau Alalak dan Pulau Sewangi. 

"Kita maksimalkan saja, potensi yang ada ini untuk membantu warga. Semacam dari Batola untuk Batola," pungkasnya. 

Baca juga: Ditemukan di Kabupaten Banjar, Bakul Paman Birin Diadukan Tim Hukum Denny Indrayana ke Bawaslu

Berkaca pada bencana banjir beberapa waktu lalu, Agung yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Batola ini berharap, perahu yang diserahkan bisa bermanfaat untuk  warga sebagai alat transportasi. 

Karena saat dilanda musibah banjir, warga cukup terkendala untuk bisa memenuhi keperluan dikarenakan keterbatasan alat transportasi air. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved