Breaking News:

Berita Banjarmasin

Datangi Kantor Kesbangpol Kalsel, KAMMI Bahas Radikalisme Hingga PSU

KAMMI Kalsel melakukan silaturahmi ke Kesbangpol Kalsel dan membahas Radikalisme Hingga PSU

KAMMI Kalsel untuk BPost
KAMMI saat berkunjung ke Kesbangpol Kalsel, Selasa (6/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Selatan melakukan silaturahmi ke kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalimantan Selatan, Selasa (6/4/2021).

Dalam pertemuan KAMMI membahas mengenai legalitas organisasi, radikalisme dan terorisme, dan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang ada di Kalimantan selatan.

Ketua Umum KAMMI Kalsel, Alfi mengatakan kunjungan kali ini adalah silaturahim sekaligus membahas beberapa poin penting tentang isu-isu yang berkembang di masyarakat saat ini.

"Kunjungan ini begitu penting bagi kedua lembaga baik kita dan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan agar bisa bersinergi ke depannya untuk sama-sama menjaga kondusifitas di masyarakat Kalimantan Selatan," jelasnya.

Baca juga: Cegah Radikalisme Menyusup, Polda Kalsel Gandeng NU dan Muhammadiyah

Baca juga: VIDEO Perangi Paham Radikalisme, FKPT Kalsel Ajak Tokoh Agama dan Masyarakat Berikan Materi ini

Baca juga: VIDEO Kodim Rantau Tangkal Radikalisme, Gelar Program Pembinaan Komunikasi Sosial

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Selatan Heriansyah mengatakan jika radikalisme tumbuh dari beberapa indikator.

Indikator pertama adalah kesenjangan ekonomi, kesenjangan pendidikan, dan kesenjangan kesehatan. Sehingga ada kekecewaan dari orang tertentu. 

Indikator yang kedua adalah doktrin. Sekarang ini jelas Heri dengan IT yang canggih, orang bisa mendoktrin dari handphone sehingga orang yang tidak sekolah atau yang tidak berpendidikan didoktrin untuk menjadi radikal. 

"Ini adalah tugas dari kita semua yaitu tugas dari masyarakat, tugas dari pemerintah sehingga potensi radikalisme bisa berkurang termasuk tugas dari mahasiswa juga," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa tugas Kesbangpol dalam PSU (Pemungutan Suara Ulang) yaitu memfasilitasi penyelenggara pemilu dalam hal pendanaan, APD baik itu KPU, Bawaslu, dan pengamanan. 

Baca juga: Kepala BNPT dan MUI Kalsel Sepakat Cegah Radikalisme dan Terorisme

"Kemudian kami juga melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan pemilu," imbuhnya.

Ia juga berharap agar KAMMI tumbuh dan berkembang bagi masyarakat. Sehingga KAMMI dapat mengambil peran untuk mencegah radikalisme dan kecurangan dalam PSU di masyarakat.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved