Breaking News:

Berita Tapin

Diisolasi di Tanahbumbu, 11 Peserta MTQN Kalsel Asal Tapin Ternyata Sudah Tahu Terpapar Covid-19

11 Peserta MTQN ke-33 tingkat Kalsel Asal Tapin kini masih diisolasi di Tanahbumbu. Mereka, ternyata sudah mengetahui jika terpapar Covid-19

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/stanislaus Sene
Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Tapin, Fiqry Irmawan menjelaskan 11 Kafilah Tapin yang positif terpapar Covid-19 masih diisolasi di Tanahbumbu, Selasa (6/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - 11 peserta Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-33 Tingkat Provinsi Kalsel asal Kabupaten Tapin hingga kini masih menjalani isolasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa, (06/04/2021).

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Tapin, Fiqry Irmawan mengatakan 11 peserta MTQ ini diketahui positif terpapar Covid-19 saat melaksanakan pemeriksaan sebelum berangkat ke Kabupaten Tanah Bumbu.

"Jadi, sebelum berangkat, 11 orang tersebut sudah dinyatakan Positif Covid-19," jelasnya.  

Fiqry mengatakan, hasil itu diketahui saat dilakukan tes swab PCR (polymerase chain reaction) dua hari sebelum pelepasan kafilah.

"11 orang tersebut merupakan peserta dan 1 orang pendamping," lanjutnya. 

Baca juga: MTQN ke-XXXIII Tingkat Kalsel di Tanbu Ditunda, 30 Kafilah Banjarbaru Pulang Kampung

Baca juga: 6 Peserta MTQN Tingkat Kalsel Asal Batola Positif Covid-19, Ketua Kafilah Tunggu Keputusan Panitia

Baca juga: Pemerintah Provinsi Kalsel Siapkan Tata Cara Pelaksanaan MTQ Secara Virtual

Ia mengatakan ke 11 peserta dan satu pendamping sebenarnya sudah tahu hasil Swab PCR. Namun, mereka kemudian pergi dengan inisiatif sendiri.

"Ada yang pakai kendaraan dan ada yang pakai mobil," jelasnya. 

Ia mengatakan para peserta tersebut rata-rata berumur dibawah 25 Tahun. Sebelumnya hasil PCR sudah dilaporkan ke panitia penyelenggara.

"Karena laporan sudah masuk sampai ke pihak penyelenggara sehingga saat tiba di pos pemeriksaan mereka langsung diamankan, tidak sempat berbaur ke area acara," jelasnya. 

Ia melanjutkan memang sebelumnya, ketika hasil PCR tersebut keluar dan dinyatakan Positif, sudah dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri

"Untuk satu orang pembina melakukan isolasi namun 11 peserta kita memaksakan diri untuk berangkat," jelasnya.

Ia menambahkan untuk saat ini pihaknya menunggu hingga keadaan mereka sudah membaik akan dijemput.

Baca juga: Terinfeksi Covid-19, Kafilah MTQ Nasional Provinsi Kalsel Asal HSS Pulang Hari Ini

Sementara itu, Direktur RSUD Datu Sanggul, DR. Milhan saat dihubungi, pihaknya membenarkan bahwa 12 orang dari Kabupaten Tapin dinyatakan Positif.

"11 Peserta dan satu pembina dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil Swab Pcr dan hasil tersebut sudah dilaporkan ke Bagian Kesejahteraan Masyarakat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin," jelasnya. (Banjarmasin post.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved