Breaking News:

Kampusiana

Gelar Seminar Skala Nasional Perdana, Fakultas Hukum Uniska Hadirkan Ketua YKRI

Fakultas Hukum (FH) UNISKA menggelar seminar berskala nasional dan menghadirkan Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia (KYRI)

banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
Seminar skala nasional di Fakultas Hukum UNISKA, oleh Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia (KYRI) Prof Dr Mukti Fajar Nur Dewata SH M Hum, Selasa (6/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mengusung tema Menjaga Martabat Hakim
Membangun Marwah dan Kredibilitas Peradilan, Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) menggelar seminar.

Seminar tersebut merupakan terobosan baru dari FH UNISKA, karena acara itu pertama kali di selenggarakan berskala nasional.

Selain itu juga seminar tersebut menghadirkan Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia (KYRI) Prof Dr Mukti Fajar Nur Dewata SH M Hum, sebagai narasumber.

Dekan Fakultas Hukum Uniska, DR Afif Khalid, SHi SH MH menjelaskan bahwa seminar tersebut penting itu dilaksanakan, sebagai edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat.

Baca juga: Gelar Aksi Kamisan, Mahasiswa UNISKA Ajak Masyarakat Peduli HAM

Baca juga: Kantongi Gelar Sarjana di Uniska Banjarmasin, Penyanyi Banua ini Belum Tergoda Kerja Kantoran

"Bahwa marwahnya seorang hakim dalam memberikan peradilan harus dijunjung tinggi, ini yang perlu kami edukasikan," kata Afif. Selasa (6/4/2021).

Afif menambahkan edukasi tidak hanya soal peradilan, sehingga mahasiswa yang akan menjadi hakim kedepannya semakin dipercaya masyarakat.

"Untuk mahasiswa bila kedepannya menjadi hakim, materi ini bisa menjadi rekomendasi sebagai pembelajaran, agar marwah peradilan semakin dipercaya masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Prof Dr Mukti Fajar Nur Dewata SH M Hum menyampaikan, organisasi yang ia pimpin tak hanya bisa menambahkan keilmuan hakim atas keputusan yang diberikan setiap persidangan.

Pihaknya juga bisa memberikan bantuan terkait hakim, yang diintervensi oleh hakim lainnya dan direndahkan martabatnya.

"Komisi Yudisial ini bertugas, selain menambah keilmuan hakim juga dapat memberikan bantuan kepada hakim yang dintervensi dan direndahkan martabatnya. Bila Hakim sudah melakukan yang sebenarnya namun diintervensi segera laporkan kepada kami," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved