Breaking News:

Berita Banjarmasin

PDAM Balangan Rencanakan Pembuatan Sumuran Intake untuk Efektivitas Pengambilan Air

PDAM Kabupaten Balangan berniat melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Terutama pada layanan kelancaran distribusi air bersih yang bersumb

Plt Dirut PDAM Balangan, Murjani
Plt Dirut PDAM Balangan, Murjani 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- PDAM Kabupaten Balangan berniat melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Terutama pada layanan kelancaran distribusi air bersih yang bersumber dari PDAM.

Plt Dirut PDAM Balangan, Murjani yang mengisi jabatan pimpinan saat ini memiliki program utama untuk peningkatan layanan tersebut.

Jelasnya dalam tempo dekat, kualitas pelayanan pihak PDAM kepada masyarakat akan terus ditingkatkan. Upaya peningkatan tersebut yakni dengan cara pembenahan alat - alat pada operasional PDAM. Di antaranya perpompaan dan mesin.

Tak hanya itu, tahun 2021 ini pula ucap Murjadi, pihaknya akan mengganti mekanisme penyaluran air bersih yang awalnya menggunakan ponton, menjadi sistem sumur atau pembuatan sumuran intake.

Baca juga: Direksi dan Karyawan PDAM Bandarmasih Disuntik Vaksin Covid-19, Dinkes Targetkan 400 Orang

Baca juga: Gugatan Anwar Sanusi Terhadap PDAM Bandarmasih Terkait Pembengkakan Tagihan Air Ditolak

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru Berharap Kinerja PDAM Intan Banjar Semakin Meningkat

Baca juga: Rawat Genset, PDAM Bandarmasih Banjarmasin Pastikan Tak Menganggu Distribusi Air

"Kami akan membuat sumuran intake, dimana konsepnya dari Prancis. Sistem ini dapat mengurangi resiko kerusakan mesin dan lebih efektif untuk mendapatkan air," ucap Murjani, Selasa (6/4/2021).

Tak hanya itu, mekanisme sumuran intake yang akan diterapkan jelas Murjani mampu menangani kendala tidak mengalirnya air saat bencana banjir. Sehingga tidak ada lagi insiden ponton yang terbalik akibat derasnya aliran air sungai.

Dalam prosesnya, pihaknya susah memasuki tahap koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai untuk pembuatan sumuran intake. Terlebih jelas lelaki yang menjabat sebagai Kepala PDAM IKK Awayan ini, di Awayan sudah diterapkan sistem serupa.

"Kami sudah memiliki satu sumuran intake di IKK Awayan. Karena sistem itu dianggap efektif, jadi juga akan diterapkan pada tempat pengambilan air di kecamatan lain," jelasnya.

Rencananya ada dua sumuran intake yang akan dibuat. Lokasi yang dipilih yaitu di Gunung Pandau dan Paringin Selatan. Adapun dana yang digelontorkan untuk satu paket pembangunan sumur intake untuk dua lokasi dianggarkan mencapai Rp 5 M.
(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved