Breaking News:

Berita Banjarmasin

Polda Kalsel dan Kadin Kalsel Jalin Sinergi Kawal PSN di Kalsel

Polda Kalsel menggandeng Kadin Kalsel untuk memaksimalkan pelaksanaan, penyerapan dan manfaat proyek strategis nasional

Humas Polda Kalsel untuk Bpost
Seminar terbatas sinergi Polda Kalsel dan Kadin Kalsel mengawal PSN di Kalsel, Selasa (6/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setiap tahun pemerintah pusat melakukan seleksi dari ratusan usulan proyek strategis nasional yang diajukan oleh masing-masing pemerintah daerah di Indonesia. 

Provinsi Kalsel tak jarang berkesempatan mendapatkan kucuran anggaran dari APBN untuk pelaksanaan PSN. 

Demi memaksimalkan pelaksanaan, penyerapan dan manfaat proyek strategis nasional (PSN) di Kalsel, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) sudah menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kalsel yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU). 

Sinergi ini kembali dikuatkan melalui Seminar Terbatas bertema Penguatan Sinergitas Kadin Kalsel bersama Polda Kalsel Guna Mendukung PSN Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Fokus Bangun Zona Integritas, Dit Samapta Polda Kalsel Jalani Penilaian Awal oleh TPI Mabes Polri

Baca juga: VIDEO Polda Kalsel Berlakukan Sistem Akses Satu Pintu, Pasca Penyerangan Mabes Polri

Dilaksanakan di Hotel Aria Barito, Jalan MT Haryono, Banjarmasin, Seminar Terbatas dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ini dibuka oleh Kabag Analis Direktorat Intelkam (Dit Intelkam) Polda Kalsel, AKBP Soetrijono. 

Menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini yaitu Kompol Hadi Supriyanto dari Subdit 3 Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel

Kompol Hadi mengatakan, pihaknya siap memberikan pendampingan terhadap pelaksanaan PSN maupun proyek pembangunan lainnya yang dilaksanakan Pemerintah di Kalsel. 

Sasarannya kata dia agar tak terjadi penyimpanan yang bukan hanya akan mengurangi manfaat pembangunan terhadap kemakmuran masyarakat tapi juga merugikan keuangan negara. 

"Tentunya tujuan akhir dari pembangunan adalah kesejahteraan masyarakat. Jangan sampai terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya, makanya harus kita kawal dan dampingi agar berjalan sesuai aturan terhindar dari tindak pidana korupsi," katanya.

Sedangkan Ketua Kadin Kalsel, Edy Suryadi mengatakan, sinergi dengan Polda Kalsel merupakan upaya strategis untuk mengawal dan memastikan optimalisasi pelaksanaan PSN di Banua. 

"Kami sudah MoU dengan Polda untuk bekerja bersama mengawal laju pembangunan di Kalsel termasuk PSN yang dikerjakan pemerintah pusat," kata Edy. 

Upaya ini kata dia dilakukan mengingat sebelumnya, tak sepenuhnya anggaran PSN yang dialokasikan di Provinsi Kalsel optimal diserap. 

Baca juga: VIDEO Kapolda Kalsel Lepas Dua Unit Mobile Vaksinasi Covid-19 Percepat Vaksinasi Covid-19 di Banua

Pasalnya, adanya potensi yang tidak termanfaatkan dinilai Edy adalah suatu kerugian, apalagi hal ini terkait dengan upaya pemerintah untuk memajukan daerah. 

"Kita ingin pembangunan pada PSN secara monumental bagus sebagaimana rencana awal pemerintah pusat dengan gelontoran anggaran sangat besar," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved