Breaking News:

Berita Nasional

Tak Bisa Asal Putar, Penggunaan Lagu di Kafe Bersifat Komersil Wajib Bayar Royalti

Pemerintah mewajibkan pembayaran royalti bagi setiap orang yang menggunakan lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial.

Editor: M.Risman Noor
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penyanyi Cinta Laura berpose usai merilis lagu Caliente di kantor Sony Music Indonesia di Jakarta, Jumat (22/11/2019). Setelah merilis Vida pada pertengahan Juli lalu, Cinta Laura kembali mengeluarkan lagu teranyarnya, Caliente. Lagu tersebut merupakan lagu pertama yang ditulis sendiri oleh Cinta di sepanjang perjalanan karier bermusiknya. Selain itu, debut lagu ini rencananya akan dinyanyikan secara langsung pada sebuah acara di Korea Selatan. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak bisa lagi sembarangan menggunakan lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersil.

Pemerintah mewajibkan pembayaran royalti bagi setiap orang yang menggunakan lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial.

Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik.

Dilihat dari laman resmi JDIH Kementerian Sekretariat Negara, aturan itu diteken Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2021.

Baca juga: Daftar 10 Smartphone Terkencang Maret 2021, Versi Pembuat Aplikasi Benchmark Populer AnTuTu

Baca juga: Ajukan KUR Hingga Dapat Rp 100 Juta Tanpa Jaminan, Begini Syarat dan Cara Harus Dilengkapi

"Setiap orang dapat melakukan penggunaan secara komersial lagu dan atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial dengan membayar royalti kepada Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan atau pemilik Hak Terkait melalui LMKN," bunyi Pasal 3 Ayat (1) PP tersebut.

Trie Utami dan Tompi mengapit pencipta lagu Glenn Rotty. Trie Utami dan Tompi menyanyikan lagu Kamu ciptaan Glenn Rotty garapan label @legendamusikindo. Lagu Kamu Trie Utami dan Tompi dirilis Jumat (26/2/2021).
Trie Utami dan Tompi mengapit pencipta lagu Glenn Rotty. Trie Utami dan Tompi menyanyikan lagu Kamu ciptaan Glenn Rotty garapan label @legendamusikindo. Lagu Kamu Trie Utami dan Tompi dirilis Jumat (26/2/2021). (Dokumentasi @legendamusikindo)

Kewajiban pembayaran royalti dikenakan pada sejumlah bentuk layanan publik yang bersifat komersial sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Ayat (2), yaitu:

a. Seminar dan konferensi komersial;

b. Restoran, kafe, pub, bistro, kelab malam, dan diskotek;

c. Konser musik;

d. Pesawat udara, bus, kereta api, dan kapal laut;

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved