Breaking News:

Berita Kalteng

Berlangsung Daring, PKBM di Kapuas Kalteng Ini Selenggarakan Ujian Pendidikan Kesetaraan

PKBM) Tunas Harapan Desa Maluen Kecamatan Basarang sejak 3 -19 April 2021 menyelenggarakan Ujian Pendidikan Kesetaran (UPK)

PKBM Tunas Harapan untuk BPost
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas Harapan Desa Maluen Kecamatan Basarang sejak 3 -19 April 2021 menyelenggarakan Ujian Pendidikan Kesetaran (UPK) tahun pembelajaran 2020/2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas Harapan Desa Maluen Kecamatan Basarang sejak 3 -19 April 2021 menyelenggarakan Ujian Pendidikan Kesetaran (UPK) tahun pembelajaran 2020/2021.

Itu dilakukan secara daring online berbasis komputer dan smartphone namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua PKBM Tunas Harapan, Lisdawati mengatakan bahwa lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tunas Harapan Kabupaten Kapuas tahun ini mengikutsertakan sebanyak 74 peserta UPK.

Terdiri dari 7 peserta Paket A setara SD/MI, 21 peserta Paket B setara SMP/MTs dan 46 peserta dari Paket C setara SMA/MA.

Baca juga: PKBM Seroja di Kabupaten Kapuas Laksanakan Simulasi UPK Paket B dan C

Baca juga: Kaltengpedia - PKBM Sumber Sejahtera Kapuas Murung, Kabuapten Kapuas

"Warga belajar dinyatakan dapat mengikuti UPK setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran selama 3 tahun," katanya.

Mereka, lanjutnya, selain mengikuti pembelajaran utama juga menempuh pendidikan kecakapan dan keterampilan hidup (life skille).

Berupa keterampilan pengoperasian komputer, perbengkelan, pemeliharaan ikan, menjahit, tata boga, dan tata rias pengantin/kecantikan.

"Hal ini sejalan dengan semboyan kami yakni Belajar untuk Berkarya dan Keterampilan untuk Bekerja," jelas Lisda.

Wanita berhijab ini menambahkan, jika sejumlah lulusan PKBM Tunas Harapan, banyak yang sedang dan telah lulus dari sejumlah perguruan tinggi dalam Kota Kuala Kapuas, Banjarmasin, Palangkaraya, di pulau Jawa bahkan ke Jepang.

"Saya mengimbau kepada anak dan pemuda di Kabupaten Kapuas untuk terus lanjutkan studi baik pada lembaga pendidikan formal maupun non formal, sebagai wujud dukungan kita kepada program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas," ajak Lisdawati.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved