Breaking News:

Berita HSU

Pemerintah Desa Jingah Bujur Kabupaten HSU Ini Akan Perbaiki Titian Secara Bertahap

Titian kayu 1 km sering rusak akibat terendam, sehingga pemerintah Desa Jingah Bujur Kabupaten HSU akan menggantinya dengan beton secara bertahap.

BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Jalan titian berkonstruksi kayu ini sering terendam air rawa, terutama saat penghujan, di Desa Jingah Bujur, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Jalan titian yang ada di Desa Jingah Bujur, Kecamatan Haur Gading,  sudah melalui perbaikan beberapa kali dengan swadaya.

Jalan titian sepanjang 1 kilometer ini masih sering dilewati warga karena merupakan jalan pintas untuk menuju pusat Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan.

Namun, pengguna jalan harus berhati hati saat melewati jalan titian ini karena perbaikan yang dilakukan hanya bersifat sementara. Pada saat penghujan, titian biasanya tergenang karena banjir. 

Saat  kemarau, rawa-rawa yang ada di pinggiran akan kering dan menjadi lahan pertanian. Titian ini bahkan masih bisa digunakan oleh warga untuk mengangkut hasil pertanian. 

Baca juga: Rusak Termakan Usia, Titian Desa Jingah Bujur HSU Mulai Diperbaiki

Baca juga: VIDEO Titian Kayu Panjang Akses Utama Warga di Kabupaten HSU

Kepala Desa Jingah Bujur, Hanafi, mengatakan, untuk tahun ini memang tidak ada anggaran yang dialokasikan dari dana desa untuk perbaikan titian.

Namun biasanya, jika ada kerusakan parah, warga akan melakukan perbaikan secara swadaya. 

Dan rencananya tahun ini akan diperbaiki dengan memperpanjang bagian titian yang telah dibangun, yakni dibeton.

“Rencanan, tahun ini akan ditambah lagi bangunan titian dari beton yang lebih kuat dan lebih lebar. Karena untuk mengganti seluruh titian dengan beton memerlukan anggaran yang besar, sehingga dilakukan secara bertahap,” ujarnya. 

Baca juga: Titian Sepanjang 1 Kilometer Ada di Jingah Bujur Kabupaten HSU

Baca juga: Titian Desa Hambuku Lima HSU Rusak Parah, Hampir Semua Guru Pernah Terperosok

Saat ini sekitar 100 meter menuju titian memang sudah dibangun beton dan memudahkan warga untuk melintas.

Sementara itu, menurut Dewi, salah satu warga, jika ingin jalan utama, memang bisa. Namun, akan memutar dan memerlukan waktu serta jarak tempuh yang lebih jauh. “Karenanya, masih banyak warga yang melewati jalan titian ini,” ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved