Breaking News:

Pilkada Kalsel 2021

PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Tapin Keluarkan Surat Larangan Kampanye ke Tim Pemenangan Paslon

Ketua Bawaslu Tapin, Thessa Aji Budiono mengatakan sudah melayangkan surat kepada tim pemenangan paslon yang menyatakan tidak ada kampanye

banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Thessa Aji Budiono, Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 yang akan digelar Juni mendatang di Kecamatan Binuang memasuki tahap pelaksanaan seleksi administrasi terhadap berkas pendaftaran calon KPPS, Rabu (07/04/2021).

Ketua KPU Tapin, Hj Henny Hendriyanti menyebutkan dalam rentang waktu sebelum pelaksanaan PSU sebelum hari H sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), tidak boleh ada kampanye.

"Pada PKPU 18 pasal 71 Tahun 2021, pada pelaksanaan PSU tidak ada masa kampanye untuk tim pemenangan pasangan calon," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tapin, Thessa Aji Budiono membenarkan pernyataan itu, dikatakannya sebagai langkah pertama Bawaslu akan melakukan upaya pencegahan.

Baca juga: Datangi Kantor Kesbangpol Kalsel, KAMMI Bahas Radikalisme Hingga PSU

Baca juga: KPU Kantongi 2.000 Surat Suara untuk PSU Pilwali Banjarmasin 2020

"Sudah kita layangkan surat kepada masing-masing tim pemenangan baik paslon 1 maupun paslon 2 di Kabupaten Tapin yang isinya menyatakan bahwa tidak dilakukan kampanye sejak pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) hingga dilaksanakannya PSU," jelasnya.

Ia mengatakan sesuai dengan surat dari Ketua Bawaslu RI nomor 335 Tahun 2021, untuk Panitia Pengawas (Panwas) yang terdapat PSU akan diaktifkan kembali apabila masih memenuhi syarat.

"Baik dari Panwaslu kecamatan, Panwaslu kelurahan atau desa dan pengawas TPS di Kecamatan Binuang yang terdapat PSU. Jika ada yang tidak lagi memenuhi syarat, maka akan dilakukan penggantian," jelasnya.

Baca juga: Cabuli dan Hampir Perkosa Anak Tirinya, Pria Ini Diringkus Satreskrim Polres Tabalong

Seperti yang diberitakan sebelumnya, rincian hak suara di 24 TPS di Kecamatan Binuang yang menyelenggarakan PSU menurut data KPU Tapin: Kelurahan Binuang 1.972 suara, Kelurahan Raya Belanti 733 suara , Desa Tungkap 1.741 suara, Desa Pulam Sari 1.457 suara, Desa Padang Sari 154 suara dan Desa Mekar Sari 341 suara.

Sedangkan di wilayah PSU itu sebelumnya dimenangkan BirinMu dengan perolehan suara sebanyak 6.027 sedangkan H2D hanya mendapatkan 190 suara.

Di 24 TPS itu angka partisipasi mencapai 100 persen.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene).

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved