Breaking News:

Berita Banjarmasin

Resmi, Pemko Banjarmasin Kembali Menutup 2 TPS di Jalan Veteran

Penutupan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kembali dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
DLH Banjarmasin resmi menutup TPS Gudang Kulit di Jalan Veteran Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penutupan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kembali dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pasalnya hari ini, Rabu (7/4/2021) DLH Banjarmasin resmi menutup dua buah TPS yang masih berada di kawasan Jalan Veteran Banjarmasin.

Dua TPS di Jalan Veteran yang ditutup tersebut, masing-masing adalah TPS Pasar Kuripan dan juga TPS Gudang Kulit.

Berdasarkan pantauan banjarmasinpost.co.id, TPS Gudang Kulit ditutup menggunakan pagar seng dan kemudian ada sebuah spanduk pengumuman.

Baca juga: Wisata Kalsel, Tempat Budi Daya Ulat Maggot di Tabalong Manfaatkan Sampah Organik

Baca juga: VIDEO Sampah Dibiarkan Menggunung di Eks Pasar Bauntung Lama Banjarbaru

Baca juga: Ditinggal Pedagang, Sampah Menggunung di Eks Pasar Bauntung Banjarbaru, Warga Keluhkan Bau tak Sedap

Baca juga: Bupati HSS H Achmad Fikry Buka Dialog Pengelolaan Sampah pada Peringatan HPSN

Sedangkan di TPS Pasar Kuripan, dibuat pagar terbuat dari kayu galam dan juga dipasang beberapa spanduk berisi pengumuman.

"Ya, hari ini kami menutup lagi dua buah TPS secara permanen, yaitu TPS Pasar Kuripan dan TPS Gudang Kulit," ujar Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah di DLH, Marzuki,

Pria yang akrab disapa Om Jack ini menerangkan penutupan dua TPS tersebut, masih terkait dengan program normalisasi sungai yang sedang dijalankan oleh Pemko Banjarmasin.

Dan seperti diketahui, TPS Pasar Kuripan termasuk yang menjadi target dari tim Satgas Normalisasi Sungai, bahkan sudah dibongkar sejak beberapa waktu lalu karena lokasinya memakan badan sungai.

"Sedangkan untuk TPS Gudang Kulit ditutup dikarenakan itu memang lahan milik pribadi, sehingga juga idealnya harus dipindah," katanya.

Sama seperti tiga TPS lainnya yang sudah lebih dahulu ditutup, pertimbangan lain menutup dua TPS ini lanjut Om Jack karena kerap menganggu arus lalu lintas.

"Terkadang volume sampah sudah melebihi kapasitas TPS, sehingga meluber ke jalan dan akhirnya menganggu arus lalu lintas," jelasnya.

Dan sama seperti tiga TPS terdahulu, DLH Banjarmasin pun mempersilahkan pemungut sampah dari lingkungan komplek dan warga untuk membuang sampah di lokasi yang baru dibangun yakni Depo Sampah Eks Pasar Buah Pangambangan yang masih berada di Jalan Veteran Banjarmasin.

Adapun tiga TPS yang sebelumnya sudah ditutup yakni di Jalan Veteran Ujung dan dua TPS di Jalan Pramuka yakni samping Komplek DPRD Kalsel dan depan Komplek Rahayu.

"Kami sudah mensosialisasikan kepada masyarakat, termasuk paman-paman gerobak yang biasa membuang sampah agar membuangnya ke lokasi yang baru," pungkasnya.( Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved