Breaking News:

Berita Kalteng

Universitas Palangkaraya Dilibatkan Program Pelatihan Pertanian Kawasan Food Estate Kalteng

Menko Luhut Binsar Pandjaitan meminta Rektor UPR, melibatkan mahasiswanya untuk pendampingan dan pelatihan di program food estate

kominfo kalteng
Sejumlah menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin saat memantau Lokasi Food Estate di Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahub Kabupaten Kapuas, Kalteng, Selasa (6/4/2021) 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PULANGPISAU - Sejumlah Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin, Selasa (6/4/2021) mengunjungi Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas.

Kedatangan mereka untuk memantau perkembangan lahan pertanian untuk ketahanan pangan program pemerintah pusat di kawasan itu.

Mereka yang datang antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono.

Juga hadir Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Heriyanto yang disambut Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat.

Baca juga: Dinas Perikanan Kapuas Kalteng Kembali Salurkan Puluhan Ribu Benih Ikan Patin, Ini Sasarannya

Baca juga: Polres Kotim Kalteng Tingkatkan Sub Sektor Sebabi Jadi Polsek Telawang

Luhut mengugkapkan, pihaknya konsen memantau perkembangan program food estate yang ada di Kalteng terutama Kapuas dan Pulangpisau yang dijadikan pilot project food estate.

"Kami juga meminta Rektor Universitas Palangkaraya (UPR), turut membantu program ini dengan melibatkan mahasiswanya untuk pendampingan dan pelatihan, juga Pak Gubernur untuk membantu sinergitas ini, nanti saya minta Pak Nadiem (Mendiknud) juga membantu, agar anak-anak UPR juga bertanggungjawab untuk program ini, termasuk memilih bibit-bibit tanaman yang cocok dikembangkan di sini," ujarnya.

Rombongan menteri tersebut, memantau proyek food estate sekaligus melihat langsung kegiatan tanam padi di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

"Program ini dilakukan secara transparan, tidak main-main dalam program ini, karena ini zaman keterbukaan," ujarnya.

Luhut juga membawa pemilik hak paten beberapa padi unggul di lokasi tersebut yangakan berkolaborasi dengan Universitas Palangkaraya dan lembaga lainnya yang telah ditunjuk untuk membantu program ketahanan pangan nasional.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved