Breaking News:

Bumi Murakata

Buka Forum Konsultasi Publik RPJMD 2021-2026, Wabup HST Tekankan Pentingnya Masukan Masyarakat

Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri menyatakan, pentingnya Forum Konsultasi Publik (FKB) terkait kebijakan pembangunan untuk lima tahun kedepan

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
PROKOPIM HST
Wabup HST Mansyah Sabri memberikan sambutan secara daring di ruang kerjanya, pada kegiatan Forum Konsultasi Publik RPJMD HST 2021-2026, Kamis (8/4/2021) yang digelar secara tatap muka terbatas di Aula Bappelitangda dan lewan meeting zoom. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri menyatakan, pentingnya Forum Konsultasi Publik (FKB) sebagai salah satu upaya pemerintah kabupaten dalam menjaring, mendengarkan dan menyerap aspirasi seluruh komponen masyarakat.

Khususnya terkait kebijakan pembangunan untuk lima tahun kedepan, yaitu sampai 2026.

Untuk itu, Wabup mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Dokumen RPJMD merupakan dokumen perencanaan lima (lima) tahunan.

Sebagai dokumen perencanaan jangka menengah, RPJMD HST 2021-2026 memuat visi, misi, dan program Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Kepala BAppelitbangda HST H AKhmad Syahriani Effendi menyampaikan laporan kegiatan FKP
Kepala BAppelitbangda HST H AKhmad Syahriani Effendi menyampaikan laporan
kegiatan FKP (PROKOPIM HST)

“Selanjutnya dijabarkan dalam arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum dan program prioritas jangka menengah daerah. Kemudian menjadi pedoman seluruh pemangku kepentingan, baik itu Pemkab HST, masyarakat, maupun dunia usaha,” katanya saat membuka FKB RPJMD 2021-2026, Kamis (8/4/2021) di Aula Kantor Bapperlibangda HST.

Ditambahkan, untuk mewujudkan visi dan misi RPJMD HST Tahun 2021-2026 tersebut, dibutuhkan sinergis, koordinasi dan saling melengkapi.

RPJMD dijabarkan setiap tahunnya ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD, dan menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah atau Renstra SKPD.

Peserta Forum Konsultasi Publik
Peserta Forum Konsultasi Publik (PROKOPIM HST)

Menurut Mansyah peran dan partisipasi aktif kalangan masyarakat peserta dalam memberikan masukan untuk kebijakan di RPJMD diperlukan agar mencapai hasil maksimal dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat HST yang lebih baik.

Pada kegiatan itu Kepala Bappelitbangda HST, H Ahmad Syahriani Effendi menyampaikan materi, dilanjutkan diskusi peserta.

Sebelumnya, H Ahmad Syahriani Effendi, panitia penyelenggara menyampaikan FKP digelar untuk mendengarkan masukan dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD HST 2021-2026.

Dengan begitu, ada kesempatan menyampaikan pemasalahan strategis daerah, isu-isu strategis daerah, tema pembangunan daerah, hingga menghasilkan kebijakan prioritas pembangunan daerah.

Kegiatan FKP dilaksanakan melalui physical Meeting dan Virtual Meeting Zoom Cloud Meeting.

Adapun peserta, berjumlah 80 orang terdiri Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi, Lembaga Agama, Organisasidan LSM. Kegiatan diakhiri penanda tanganan berita acara Forum Konsultasi Publik (FKP) RPJMD 2021-2026. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved