Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pedagang di Alabio HSU Siapkan Penjualan Ikan Asin Menjelang Ramadan

Beberapa jenis ikan menjelang ramadan mengalami kenaikan permintaan, seperti jenis ikan laut tongkol dan tuna. Biasanya pada saar ramadan penjualan ju

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
Sentra Pasar ikan asin yang ada di Alabio Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Beberapa jenis ikan menjelang ramadan mengalami kenaikan permintaan, seperti jenis ikan laut tongkol dan tuna. Biasanya pada saar ramadan penjualan juga meningkat.

Sari salah satu penjual ikan asin mengatakan banyak makanan olahan khas banjar yang menggunakan bahan dasar ikan asin baik untuk sayur maupun lauk karenanya jumlah permintaan biasanya bertambah.

Sentra Pasar Ikan Asin yang ada di Alabio Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang belum lama diresmikan juga banyak menjual berbagai macam jenis ikan asin termasuk ikan asin laut.

Ikan asin berasal dari Banjarmasin dan juga langsung dari Kotabaru dan dikirim lagi hingga keluar daerah. Pihaknya biasanya sudah menyiapkan saat ramadan akan membutuhkan ikan asin lebih banyak.

Baca juga: Pemkab Tapin Resmi Tiadakan Pasar Ramadhan 2021, Warga Dipersilahkan Jualan Kuliner di Depan Rumah

Baca juga: VIDEO Dinas Perdagangan Tapin Gelar Operasi Pasar Jelang Ramadhan 1442 H

Baca juga: Sisir Pasar Keramat Barabai, Satuan Sabhara Polres HST Sita Puluhan Botol Alkohol dan Sajam

“Dijual lagi ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, biasanya untuk langganan sudah langsung dikirimkan, ada juga yang berbelanja dengan datang langsung kesini,” ujarnya.

Sentra pasar ikan menjual ikan asin setiap hari Rabu dan Minggu, pada saat hari pasar banyak seali pedagang ikan asin yang berjualan menjual dalam jumlah eceran atau banyak yang akan dijual kembali.

Ikan asin lokal yaitu berupa ikan sungai juga banyak dijual, warga HSU banyak juga yang membuat ikan asin sepat yang didapat dari aliran sungai. Mengingat HSU juga memiliki banyak aliran sungai baik dari Sungai Negara, Balangan dan Tabalong.

‘Untuk ikan asin lokal biasanya banyak dari warga HSU saja yang membeli tidak dikirim keluar daerah, karena jumlahnya juga terbatas,” ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved