Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Rutan Pelaihari Intensifkan Pengeledahan Warga Binaan

Jajaran Rutan kelas IIB Pelaihari Tanahlaut mengintensifkan penggeledahan terhadap warga binaan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jajaran Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) mengintensifkan pemeriksaan blok hunian WBP Sekaligus penggeledahan terhadap seluruh barang milik narapidana (napi) maupun tahanan setempat.

Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari Budi Suharto mengatakan Giat terkini penggeledahan dilakukan, Rabu (7/4/2021) malam.

Kali ini tak cuma dilakukan oleh petugas setempat  namun melibatkan stakeholder terkait yakni dari kepolisian, TNI, dan BNN Tala. Kegiatan itu dipantau langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Sri Yuwono didampingi Kepala Rutan Pelaihari Budi Suharto.

Setelah mendapat arahan dari Yuwono, petugas gabungan langsung bergerak ke semua blok warga binaan pemasyatakatan (WBP) setempat. Termasuk blok perempuan di bagian depan.

Satu per satu WBP diabsen keluar dari kamar memasuki ruang terbuka di bagian depan blok yang berdinding pagar besi ukuran besar.

Mereka digeledah, sedangkan petugas lainnya menggeledah barang-barang WBP yang ada di kamar. Yuwono pun turut menyempatkan diri masuk ke blok tahanan dan berinteraksi dengan WBP.

Kalimat canda sesekali menyertai sehingga para napi/tahanan tersenyum dan tertawa.

Yuwono juga menyemangati agar mereka semua menjaga ketertiban, memperbaiki diri sehingga kelak saat bebas menjadi pribadi yang lebih baik.

"Tetap semangat dan semoga lekas bebas," ucapnya yang serta merta diamini para WBP setempat.

Setelah sekitar 30 menit melakukan penggeledahan, masing-masing petugas gabungan membawa barang temuan ke ruangan aula.  Sementara itu, sejumlah WBP dari perwakilan blok sekaligus dilakukan test urine.

"Hasil penggeledahan tidak ditemukan barang yang berbahaya. Yang ditemukan barang biasa saja," ucap Kepala Rutan Pelaihari Budi Suharto.  (banjarnasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved