Breaking News:

Berita Batola

Geledah Kamar 250 WBP Rutan Marabahan, Petugas Temukan Sejumlah Sajam Modifikasi

Puluhan benda membahayakan berupa senjata tajam hasil modifikasi ditemukan setelah penggeledahan kamar WBP oleh personel gabungan

banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Petugas Rutan kelas II Marabahan saat melakukan penggeledahan, Kamis (8_4_2021) 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Puluhan benda membahayakan berupa senjata tajam hasil modifikasi hingga handphone diamankan petugas rumah tahanan kelas IIB Marabahan, Kamis (8/4/2021) malam.

Barang-barang ini ditemukan setelah operasi gabungan bersama anggota Polres Barito Kuala, Kodim 1005 Marabahan dan BNNK Barito Kuala.

Setidaknya ada tujuh bangunan yang terbagi dalam tiga blok yang digeledah petugas. Sebanyak 250 warga binaan permasyarakatan (WBP) secara bergantian diperiksa hingga ruangan yang mereka tempati.

Dari temuan petugas, barang-barang yang dikhawatirkan membahayakan disita. Di antaranya handphone, sendok, kikir, paku, korek gas, senjata tajam rakitan, botol kaca, hingga peralatan listrik dan kabel.

Baca juga: Warga Binaan Lapas Banjarbaru Ketahuan Simpan Pisau Rakitan dari Seng saat Razia Gabungan

Baca juga: Jelang Ramadan 1442 H, Diskoperindag Batola Imbau Masyarakat Tidak Stok Bahan Pokok Berlebih

"Operasi ini sebagai pencegahan sedini mungkin, agar keamanan rutan tetap kondusif dan tidak ada ancaman yang membahayakan," ungkap Andi Gunawan, Kepala Rutan Marabahan.

Adapun operasi gabungan kali ini terbilang besar, karena bagian dari peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57.

Secara terjadwal, pihak Rutan Marabahan juga melakukan operasi dua kali dalam sepekan secara acak, serta ketika ada informasi yang terbilang penting segera diselidiki.

"Malam ini kita juga melakukan tes urine WBP sebanyak 25 orang secara acak dan tidak ditemukan yang positif," tambah Andi.

Terkait barang-barang yang disita akan segera dimusnahkan.

Sedangkan temuan berupa handphone selanjutnya akan diselidiki lebih jauh. Jika ada oknum dari petugas yang terlibat dalam pengadaannya maka akan ditindak tegas.

(Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Penulis: Muhammad Tabri
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved