Breaking News:

Berita Banjarbaru

Penanaman Sejuta Pohon di Kalsel, PJ Gubernur Minta Permudah Dapatkan Bibit

570 batang bibit pohon kayu Belangiran, Gemor dan Ramin ditanam dalam kick off RHL APBN dan penanaman serentak 1 juta pohon di Kalsel

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Pj Gubernur Kalsel Safrizal menanam pohon didampingi Plt Kadishut Kalsel Fatimatuzzahra ada gerakan penanaman sejuta pohon di Embung Lokudat Kelurahan Guntung Payung Banjarbaru, Jumat (9/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Lahan tandus di RTH Embung Lokudat Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru kini tampak berbeda.

Lahan rawa yang sebelumnya dibangun hanya untuk embung kini tampak dihijaukan dengan bibit pohon kayu yang ditanam di sekitarnya.

Kali itu sebanyak 570 batang bibit pohon kayu Belangiran, Gemor dan Ramin ditanam dalam kick off RHL APBN dan penanaman serentak 1 juta pohon di Kalsel Jumat (9/4/2021) di RTH Embung Lokudat.

Lahan RTH embung Lokudat sebelumnya adalah lahan bekas karhutla di Banjarbaru.

Baca juga: Penanaman Pohon Ulin Serentak se Kalsel, Pemkab Tanbu dan KPH Kusan Tanam 1.000 Bibit Ulin

Baca juga: Jelang Penanaman 1 Juta Pohon, Pj Gubernur Tanam Kasturi di Kebun Raya Banua Kalsel

Baca juga: Dukung Gerakan Revolusi Hijau, Bupati Tapin Pimpin Penanaman Pohon Ulin di Hutan Kota Rantau Baru 

Sebelumnya lokasi ini menjadi titik rutin terbakar saat musim kemarau hingga akhirnya dibangun embung dan kini dihijaukan Pemprov Kalsel.

PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA penanaman satu juta pohon dilakukan untuk memperkuat mitigasi bencana di Kalsel dan melindungi vegetasi tumbuhan di Kalsel. 

Gerakan menanam, harus digalakkan agar bumi Kalsel semakin hijau. Upaya itu tentu harus dilakukan dengan semakin banyak bibit yang disiapkan dan dengan adanya kemudahan untuk memeroleh bibit pohon.

Ia juga menantang Dinas Kehutanan Kalsel agar bisa membuat aplikasi untuk meminta bantuan bibit. Dengan adanya aplikasi tersebut maka kelompok masyarakat yang ingin menanam dapat dengan mudah mendapatkan bibit.

"Bibitnya disiapkan gratis, mau sebanyak apa boleh, asal ditanam, tidak dijual. Kalau tidak tersedia bisa disemaikan dulu, tunggu sampai sudah bisa ditanam," ujarnya.

Ia berharap masyarakat yang ingin menanam nantinya tak ragu untuk meminta bibit ke Dinas Kehutanan Kalsel. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved