Breaking News:

Lifestyle

Sanggar Tari di Kalsel Gelar Pertunjukan di Anjungan TMII Jakarta, Tampilkan Tari Japin Anak Delapan

Sejumlah sanggar tari di Kalsel tampil di anjungan TMII Indonesia. Mereka diantaranya membawakan tari anak delapan

Banie untuk BPost
Pertunjukan Tari Anak Delapan di Anjungan TMII Jakarta, Jumat (9/4/2021). 

BANJARMASIN POST.CO.ID - Sempat vakum tahun lalu akibat Pandemi Covid 19, UPTD Taman Budaya Kalsel bekerjasama dengan  Anjungan Kalsel dan Bidang Kebudayaan pada (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel menggelar pertunjukan Tari Japin Delapan dan Workshop Tari Japin Anak Delapan di Anjungan TMII Jakarta, 7-9 April 2021.

Menurut M Mahfud Sya'bani koordinator penari dan acara di Pertunjukan dan Workshop tersebut saat dihubungi di Jakarta, Jumat (9/4/2021), untuk pertunjukkan tarian Tari Japin Delapan merupakan gabungan dari beberapa sanggar tari di Kalsel.

"Penarinya ada Ramadhani dan Namiroh Rizki dari Sanggar Seni Nuansa Banjarmasin), Tajudinnoor,  Afriadi Khairul, Qoriyatun  Ardita dan Nisa Shadin dari Sanggar Permata Ije Jela asal Kabupaten Batola," ungkap karyawan UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel ini.

Penari lainnya Mujiburahman dan Risty Setyaningsih dari Sanggar Seni Banua Sanggam Kabupaten Balangan, Ramon  dan Syifa dari Sanggar Karamunting HSS, Rhony Arifin dan Siti Nuur Jauza Humairo dari Sanggar Kamilau Intan Kabupaten Banjar.

Baca juga: Japin Carita, Dulu Sering Jadi Hiburan di Acara Perkawinan Masyarakat Kalsel, Kini Tinggal Cerita

Baca juga: Tarik Minat Milineal, Mamanda dan Japin Carita Harus Lebih Sering Tampil di Sosmed

Baca juga: VIDEO Digelar Kolosal, 100 Penari Menari Japin Anak Delapan, dari Lima Daerah di Kalsel

Ada lagi penari Sarif Radana dan Rahmina Azizah dari Sanggar Air Hulu Sungai Utara serta Nordina dan Badali asal Sanggar Pusaka Saijaan Kotabaru.

"Penata busan tari anak delepan lhas Kotabaru ini adalah Dhea," ungkapnya.

Ditambahkan Banie, untuk nara sumber workshop Tari Japin Anak Delapan Rahmadi dan Julak Larau dengan peserta pelatih tari di Anjungan-anjungan daerah TMII Jakata.

Di tahun 2019, jelas Banie, Taman Budaya Kalsel juga melakukan kegiatan workshop tari Kuda Gipang di Anjungan TMII Jakarta, sedangkan tahun 2020 kareba  pandemi covid 19 tidak ada kegiatan. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved