Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Tujuh Benda Ditemukan dalam Penggeledahan di Blok Hunian Lapas Perempuan Martapura

Sejumlah perangkat kosmetik, kaca, tali, silet, sedotan, paku disita petugas gabungan saat menggeledah blok hunian lapas perempuan Martapura

banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Sejumlah benda yang diamankan petugas gabungan di Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sekitar 16 Blok E hunian warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Martapura digeledah petugas gabungan Lapas Perempuan, TNI dan Polres Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (8/4/2021) malam.

Hasilnya sejumlah perangkat kosmetik, kaca, tali, silet, sedotan, paku dan jepit kuku, disita petugas gabungan.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Salis Farida mengatakan, penyitaan sejumlah barang yang ditemukan dinilai dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

"Misalnya saja tali, dikhawatirkan tali ini disalahgunakan diluar kegunaannya untuk menjemur pakaian. Sama halnya dengan temuan silet turut disita, sebab dikhawatirkan juga disalahgunakan. Namun, memang sebenarnya silet ini digunakan untuk membersihkan beberapa bagian yang ada pada tubuh wanita," kata Salis.

Baca juga: Penggeledahan Lapas di Kalsel, Rutan Tanjung Gelar Razia Gabungan ke Kamar Hunian Warga Binaan

Baca juga: Warga Binaan Lapas Banjarbaru Ketahuan Simpan Pisau Rakitan dari Seng saat Razia Gabungan

Hanya saja pengembaliannya yang tidak dilakukan cepat oleh warga binaan perempuan, sehingga ditemukan dalam razia kali ini.

Selain melakukan penggeledahan terhadap blok hunian serta pemeriksaan tubuh warga binaan, masih dalam giat tersebut dilakukan pula pemeriksaan urine.

"Alhamdulillah, hasilnya tes urine warga binaan perempuan semuanya negatif," ucapnya.

Lanjut Salis, razia blok hunian hingga tes urine yang dilakukan bersama petugas gabungan BNN Banjarbaru, TNI dan Polres Banjar merupakan upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Beli Sabu dari Saudara Ipar, Dua Tersangka Diciduk Jajaran Subdit II Ditresnarkoba

Penggeledahan sekaligus memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke 57 dan pelaksanaan program serentak se-Indonesia yang dilakukan sejak 7 hingga 8 April 2021.

Halaman
12
Penulis: Siti Bulkis
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved