Breaking News:

Pulau Datu di Tanahlaut

Wisata Kalsel, Beberapa Sudut di Pulau Datu Sajikan Panorama Menawan, Jadi Tempat Swafoto

Wisata Kalsel, Tak sekadar menjadi makam Datu Pamulutan, tokoh ternama Kalimantan Selatan (Kalsel), Pulau Datu di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipat

banjarmasinpost.co.id/idda royani
Sejumlah pengunjung di sisi barat Pulau Datu yang menyajikan panorama menawan. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Wisata Kalsel, Tak sekadar menjadi makam Datu Pamulutan, tokoh ternama Kalimantan Selatan (Kalsel), Pulau Datu di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), juga menyajikan panorama yang menawan.

Beberapa sudut di pulau berjarak sekitar satu kilometer dari daratan Tanjungdewa itu juga sangat elok untuk tempat berswafoto. Istilah kekiniannya, instagtamable.

Seridaknya ada tiga tempat yang begitu menawan panoramanya. Paling keren yakni di sisi barat pulau berjarak sekitar 300 meter dari makam Datu Pamulutan.

Tempat itu belum diketahui oleh semu pengunjung karena memang berada di balik hutan setempat. Namun telah ada jalan setapak yang diselubungi belukar yang rimbun.

Baca juga: Wisata Kalsel, Tiap Hari Jasa Penyeberangan Standby ke Pulau Datu, Tarifnyanya Pun Terjangkau

Baca juga: Wisata Kalsel, Belasan Hingga Seratus Pengunjung Kadang Nginap Selama Beberapa Hari di Pulau Datu

Baca juga: Wisata Kalsel, Pulau Datu di Desa Tanjungdewa Tempat Rekreasi yang Asyik Sekaligus Pertebal Iman

Begitu tiba di sisi barat, semak belukar menipis dan ada area lapang radius sekitar puluhan meter. Pepohonan besar memahungi area sekitar sehingga sangat teduh dan segar.

Bebatuan besar berdiri kokoh di sisi barat pulau tersebut. Pengunjung begitu lega menikmati deburan ombak dan semilir angin yang seketika menyeka keringat.

"Saya sudah empat kali ke Pulau Datu. Tapi, baru kemarin tahu ada tempat yang menawan banget di sisi barat pulau. Asli keren," ucap Yani, warga Pelaihari, Jumat (9/4/2021).

Tempat kedua yakni di sisi utara di area sekitar dermaga lama yang kini tak berfungsi lagi. Dari tempat ini terhampar perairan yang bertepi di daratan Tanjungdewa. Airnya terlihat jernih membiru.

Kemudian tempat ketiga yang juga asyik untuk berswafoto yakni di sekitar dermaga utama. Sejak di dermaga hingga titian kayu menanjak ke puncak pulau serta bebatuan di sekitar dermaga, semuanya elok untuk diabadikan. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved