Breaking News:

Pulau Datu di Tanahlaut

Wisata Kalsel, Wisata Religius Andalan Bumi Tuntung Pandang Kabupaten Tanahlaut

Wisata Kalsel, di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) beragam jenis objek wisata tersebar di seluruh penjuru wilayahnya, mulai dari Utara ke Selatan

banjarmasinpost.co.id/idda royani
Wisata Kalsel, sejumlah pengunjung menapaki dermaga menuju puncak Pulau Datu yang berada di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, pekan lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Wisata Kalsel, di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) beragam jenis objek wisata tersebar di seluruh penjuru wilayahnya, mulai dari Utara ke Selatan hingga Timur ke Barat. Di antaranya berada di wilayah Kabupaten Tanahlaut (Tala).

Bahkan di kabupaten berjuluk Bumi Tuntung Pandang ini, cukup lengkap ragam jenis objek wisatanya. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, gua, labirin, taman buatan hingga makam keramat.

Kalsel yang dikenal sebagai daerah religius memang mashur dengan wisata religius. Cukup banyak makam keramat atau makam ulama/tokoh-tokoh besar yang tersebar di sejumlah kabupaten.

Di antaranya berada di Tala. Dari sekian makam keramat di Tala, ada satu yang paling menggema auranya yaitu makam Datu Pamulutan di Pulau Datu di wilayah Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan.

Baca juga: VIDEO Travel Datu Kandang Haji, Tokoh Besar Islam di Balangan

Baca juga: VIDEO Travel Selalu Ramai Saat Sore, RTH Batumandi Taman Rekreasi Santai Bersama Keluarga

Pulau Datu telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Tala dengan segmentasi wisata religi. Seperti makam keramat ternama lainnya di Kalsel, pada waktu tertentu jumlah kunjungan juga cukup banyak.

"Saya biasanya berkunjung ke Pulau Datu pada momen hari raya atau pas libur panjang," ucap Rahmadi, warga Angsau, Pelaihari, Jumat (9/4/2021).

Pekerja swasta ini menuturkan saat berkunjung ke wisata religius itu dirinya bersama sanak kerabat hingga belasan orang. "Biasanya pagi-pagi berangkatnya dan setelah waktu zuhur balik kanan," tandasnya. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved