Breaking News:

Berita Balangan

Ekspor Perdana, 10 Ton Porang Hasil Petani di Balangan Dikirim ke Jepang

Petani Balangan melaksanakan ekspor perdana umbi porang ke Negera Jepang. Sebanyak 10 Ton umbi porang dikirim ke negeri matahari terbit

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, Abdul Hadi ikuti panen perdana porang di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Minggu (11/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dinas Pertanian Kabupaten Balangan memberikan fasilitas perdana pada eskpor hasil tanaman porang yang akan dikirimkan ke Jepang, Senin (12/4/2021) besok.

Pengiriman akan melewati jalur laut melalui Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin yang secara seremonial rencananya akan dihadiri oleh Bupati Balangan, Abdul Hadi beserta jajaran.

Sebelum pengiriman berlangsung, pihak Dinas Pertanian Kabupaten Balangan meninjau secara langsung proses panen porang serta pengeringannya yang dilakukan secara manual di Desa Buntu Karau, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (11/4/2021), Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rahmadi Uuen menerangkan, kesiapan umbi porang yang akan dikirimkan sudah ditangani oleh para petani dan dibantu pihak Dinas Pertanian Kabupaten Balangan.

Baca juga: Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Dorong Sektor Porang Harus Ada Pabrik

Baca juga: Dorong Petani Porang Lebih Berkembang, Dinas Pertanian Balangan Siap Beri Pembinaan

Baca juga: Keuntungan Tinggi, Budi Daya Tanaman Porang Mulai Digemari di Kalsel

Sedikitnya, ada kurang lebih 10 ton umbi porang yang sudah kering yang akan dikirimkan ke Jepang pada pengiriman perdana. Sementara target pengiriman tersebut mencapai 100 ton umbi porang.

"Target pengiriman sesuai dengan MoU yaitu 100 ton. Kami diberi waktu lima bulan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan itu sudah terpenuhi umbi porangnya. Sehingga tinggal proses pengiriman saja," jelas Rahmadi.

Tak habis disitu, Rahmadi juga mengungkapkan kalau pihaknya akan terus mendorong dan berupaya melakukan pengembangan terhadap petani porang yang ada di Balangan. 

Termasuk melaksanakan pembinaan dan memberikan fasilitas agar bidang pertanian yang berpotensi tinggi itu bisa terus meningkat. Terutama dalam proses pengeringan porang tersebut.

Tak Rahmadi pungkiri pula ada beberapa kendala para petani porang yang harus diselesaikan secara cepat. Lantas pihaknya pun berupaya untuk mencari solusi.

Baca juga: Porang Iris Madiun Menjadi Buruan Pengusaha Jepang dan China, Begini Budidayanya

Baca juga: Ucapan Sambut Ramadan 2021, Ini Kata Stefan William dan Celine Evangelista Di Ramadhan 1442 H

Sebelumnya, panen perdana porang juga telah dilangsungkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Balangan.

Dimana, kepala daerah, yakni Bupati Balangan, Abdul Hadi secara langsung ikut serta dalam panen raya tersebut. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved